Kartu Prakerja

Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Inilah Persyaratannya

Bagian 18 dari program kartu prakerja akan dibuka kembali. Sebelumnya, pemerintah secara resmi memperpanjang program kartu prakerja hingga akhir tahun 2021.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dikatakannya, program kartu prakerja diharapkan dapat menyalurkan tambahan Rp 10 triliun kepada 2,8 juta peserta sehubungan dengan PPKM darurat.

“Sesuai kesepakatan, 10 triliun telah dibayarkan untuk 2,8 juta peserta hingga 30 Juni. Sehubungan dengan Semester 2 dalam persiapan darurat PPKM, kami berharap dapat membayar tambahan 10 triliun untuk 2,8 juta peserta,” katanya, mengutip Senin. . (5/7). / 2021).

Melalui Program Kartu Prakerja, peserta mendapatkan pelatihan senilai 1 juta. Jadi kredit dan Cash. Dia membayar 2,4 juta tranche pada RP. 600.000 per bulan selama 4 bulan. Saat ini insentif untuk melakukan survei adalah Rp. 150 ribu untuk tiga kali survey.

Dari total nilai bantuan tersebut, Sri Mulyani juga mengatakan bahwa total manfaat bagi seluruh peserta kartu prakerja adalah sebesar Rp. 3,55 juta.

Namun sejauh ini, masih belum ada kepastian yang jelas kapan gelombang ke-18 program kartu pra kerja akan dimulai. Namun ada baiknya untuk memiliki pemahaman tentang syarat dan ketentuan serta cara mendaftar di program kartu pra kerja ini.

Oleh karena itu, bagi yang berminat untuk mendaftar paket Pra-18 sebaiknya dicek terlebih dahulu cara-caranya sesuai dengan syarat pendaftarannya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja gelombang 18:

1. Warga negara Indonesia (WNI)
2. Berusia minimal delapan belas tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal
3. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha
4. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD (Perangkat Negara)
5. Selain itu, dalam 1 KK (Kartu Keluarga) hanya diperbolehkan maksimal 2  NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

🔥 Trending 🔥  BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Kini Mengintegrasikan Data Peserta

Cara Daftar Kartu Prakerja gelombang 18:

1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik ‘Gabung’ pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Nah, itu secara lengkap syarat hingga cara daftar program Kartu Prakerja gelombang 18.