Daftar Calon Ketua KNPI

Ajak Pemuda Kritis Untuk Daftar Calon Ketua KNPI Jabar

Pemuda harus mampu menjawab segala tantangan yang ada, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai generasi penerus bangsa, kaum muda memiliki peran penting untuk memastikan kondisi yang baik di masa depan.

Hal itu disampaikan Ridwansyah Yusuf Achmad saat menyampaikan gagasan dan misinya kemarin di Bandung (10/7), calon presiden Dewan Direksi Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar 2021. Yusuf muncul setelah dipromosikan oleh berbagai organisasi kepemudaan seperti Sapma Pemuda Pancasila, MKGR dan AMPI.

Yusuf mengatakan anak muda tidak boleh menutup mata melihat situasi saat ini. Sikap kritis terhadap generasi penerus ini diperlukan untuk memaksimalkan kemajuan pemerintah.

“Pemuda memiliki peran dalam pembangunan, salah satunya adalah berpikir kritis tentang pemerintah,” katanya kepada detik.com dalam keterangan tertulis, Minggu (21/11/11).

Untuk berpikir kritis, seorang anak muda perlu membiasakan diri berbicara satu sama lain. Terbiasa bertukar pikiran, ia percaya bahwa anak muda mampu menghasilkan ide dan gagasan yang berkontribusi pada pembangunan. “Itu termasuk kemampuan berpikir kritis tentang pemerintah,” katanya.

Yusuf mengajak elemen pemuda ke pembicaraan peradaban saat dia terpilih sebagai presiden KNPI Jawa Barat. Ia menilai, banyaknya organisasi kepemudaan di Jawa Barat merupakan modal besar untuk melahirkan ide dan gagasan yang bermanfaat di ruang diskusi.

“Saya ingin organisasi ini bertahan. Setiap OKP dengan derajat dan karakteristik yang berbeda dapat bekerja sama. Menjadikan KNPI untuk semua orang di rumah, sebagai wadah untuk memperbarui struktur negara,” katanya.

Karena itu, Yusuf optimistis KNPI mampu melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan. “Semua orang bisa datang ke KNPI, semua orang bisa berkumpul. KNPI harus menjadi sekolah kader pemimpin muda,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan Sapma Pemuda Pancasila Jawa Barat Ikrar Sajati menilai Yusuf bisa membawa perubahan positif di KNPI. Menurutnya, dengan pengalaman keilmuan dan organisasi yang baik, alumni ITB dapat menjalin kerjasama dengan 139 OKP di bawah KNPI Jabar.

🔥 Trending 🔥  Lowongan CPNS Sudah Buka !, Berikut ini Persyaratannya.

“Sapma PP dan KOTI akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung Yusuf karena mereka memiliki keahlian yang baik,” ujarnya.

Muhammad Sukma, Ketua Departemen Pemuda Kosgoro, 1957, Jawa Barat, mengatakan hal yang sama. “Kerja solid OKP mendukung Ridwansyah Yusuf,” ujarnya.

Dalam situasi saat ini, ia juga berharap KNPI dapat membantu menekan penyebaran dan dampak virus corona.

Ahmad Hidayat, Ketua Direksi DPD AMPI Jabar, menilai Yusuf adalah intelektual muda yang juga berpengalaman di luar negeri. “Joseph optimis mampu mengembangkan program-program strategis bagi pemuda berbasis keuangan, pendidikan dan kepemimpinan,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Wibi Bagja, ketua Himpunan Mahasiswa Kosgoro Jawa Barat 1957. “Tujuan kita sama adalah membangun generasi muda Jawa Barat yang inovatif dan berdaya saing,” ujarnya.