Cara Plester Dinding Batako
Cara Plester Dinding Batako

Cara Plester Dinding Batako

Halo Sobat Kabarindoo!Dinding batako menjadi salah satu alternatif yang banyak digunakan untuk membangun rumah. Namun, seringkali dinding batako membutuhkan lapisan plester untuk memberikan kesan yang lebih rapi dan halus. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara plester dinding batako dengan benar?Simak artikel ini dan temukan cara yang tepat dalam plester dinding batako dengan mudah.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses plestering, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang perlu disiapkan antara lain:- Ember- Kikir- Sekop- Gembok- Amplas- KuasSedangkan bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:- Semen- Pasir halus- Air- Cat tembokPastikan semua alat dan bahan telah disiapkan dengan baik untuk memudahkan proses plestering.

Pelepasan Semen Batako

Sebelum mulai plestering, pastikan dinding batako dalam keadaan kering dan bersih. Kemudian lakukan pelepasan semen pada permukaan batako dengan menggunakan kikir atau gembok. Hal ini bertujuan untuk membuat permukaan dinding batako menjadi lebih kasar dan memudahkan proses plestering.Setelah melakukan pelepasan semen, bersihkan dinding batako dengan menggunakan kuas atau sekop hingga bersih dari serbuk dan kotoran.

Pembuatan Adonan Plester

Setelah dinding batako dalam keadaan bersih dan kering, langkah selanjutnya adalah membuat adonan plester. Campurkan semen, pasir halus, dan air dalam ember dengan perbandingan 1:3:0,5. Aduk hingga merata dan pastikan adonan memiliki tekstur yang tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.Setelah adonan siap, diamkan selama 10-15 menit sebelum digunakan.

Plestering Dinding Batako

Setelah adonan plester siap, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan plestering pada dinding batako. Ambil adonan plester menggunakan sekop dan ratakan pada permukaan dinding batako menggunakan kikir atau amplas.Pastikan adonan plester menempel dengan kuat pada dinding batako dan ratakan hingga permukaannya halus dan merata. Ulangi proses ini hingga seluruh permukaan dinding batako tertutup plester dengan rata dan halus.

🔥 Trending 🔥  Cara Variasi Tembok: Ciptakan Tampilan Baru di Rumah dengan Mudah

Finishing Plester Dinding Batako

Setelah plestering selesai dilakukan, diamkan selama 24 jam hingga plesteran kering dan mengeras. Setelah itu, amplas permukaan plesteran hingga halus dan rata menggunakan amplas kasar dan halus.Setelah permukaan plesteran halus dan rata, langkah selanjutnya adalah melakukan finishing menggunakan cat tembok. Gunakan kuas atau rol cat untuk mengecat permukaan plesteran dengan warna yang diinginkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah dalam cara plester dinding batako dengan mudah. Pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan dengan baik sebelum memulai proses plestering. Lakukan pelepasan semen pada permukaan batako, buat adonan plester, dan ratakan pada permukaan dinding batako hingga halus dan rata. Setelah itu, amplas dan finishing dengan cat tembok. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menyelesaikan proses plestering dinding batako dengan mudah dan benar. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!