Cara Ngeramik Dinding
Cara Ngeramik Dinding

Cara Ngeramik Dinding

 

Halo Sobat Kabarindoo! Apakah kamu sedang merenovasi rumah atau ingin membuat dinding yang lebih cantik dan kokoh? Ngeramik dinding bisa menjadi pilihan yang tepat dan praktis dilakukan sendiri. Di artikel ini, kita akan membahas cara ngeramik dinding dengan mudah dan efektif. Yuk simak!

1. Persiapan

Sebelum memulai proses ngeramik dinding, pastikan kamu telah memiliki semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang harus disiapkan antara lain: kikir, plester, karet sabun, gunting, penggaris, semen, dan keramik. Pastikan juga dinding yang akan di-ramik sudah bersih dan rata.

Setelah itu, campurkan semen dengan air secukupnya hingga membentuk adonan yang kental namun tetap mudah dibentuk. Kemudian, oleskan plester secara merata pada dinding menggunakan karet sabun. Pastikan ketebalan plester merata dan tidak terlalu tebal.

2. Pemasangan Keramik

Selanjutnya, letakkan keramik pada plester yang sudah diratakan. Pastikan keramik terpasang dengan baik dan tidak bergeser. Gunakan penggaris untuk memastikan keramik dipasang dengan rata. Setelah itu, biarkan plester dan keramik mengering selama beberapa jam.

Setelah keramik dan plester mengering, gunakan kikir untuk menghaluskan permukaan dinding. Kemudian, lap permukaan dinding dengan kain lembut untuk menghilangkan debu yang terbentuk saat mengikir.

3. Finishing

Setelah proses penghalusan selesai, kamu bisa memasang grout atau semen celup pada celah antar keramik. Grout berfungsi untuk mengisi celah dan membuat permukaan dinding terlihat lebih rapi dan cantik. Gunakan gunting untuk menghilangkan sisa-sisa grout yang menempel di permukaan keramik.

Setelah itu, biarkan grout mengering selama beberapa jam. Kemudian, lap permukaan dinding dengan kain lembut untuk menghilangkan sisa debu dan grout.

🔥 Trending 🔥  Tips Memberikan Aksen Batu pada Desain Interior

Kesimpulan

Ngeramik dinding memang terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah dilakukan sendiri asalkan kamu memiliki peralatan dan bahan yang dibutuhkan serta mengikuti langkah-langkah yang benar. Dengan ngeramik dinding, kamu bisa membuat dinding rumah terlihat lebih cantik dan kokoh. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.