Cara Kompon Dinding: Tips Mudah dan Praktis
Cara Kompon Dinding: Tips Mudah dan Praktis

Cara Kompon Dinding: Tips Mudah dan Praktis

Halo Sobat Kabarindoo, kali ini kita akan membahas tentang cara kompon dinding. Kompon dinding adalah bahan yang digunakan untuk merapikan permukaan dinding yang kasar dan berlubang. Kompon dinding juga dapat digunakan untuk menutupi retakan pada dinding. Kompon dinding sangat penting digunakan pada tahap finishing sebuah konstruksi dinding. Bagi yang belum tahu, berikut adalah beberapa tips mudah dan praktis cara kompon dinding.

1. Persiapan Permukaan Dinding

Sebelum mulai mengaplikasikan kompon dinding, pastikan permukaan dinding sudah bersih dari debu, kotoran, dan benda lainnya. Bersihkan dinding dengan kain lembab atau kuas. Kemudian, lap permukaan dinding hingga kering.Setelah itu, periksa bagian yang berlubang atau retak. Jika dinding memiliki retakan atau lubang, perlu diisi terlebih dahulu dengan plesteran dinding. Tunggu hingga plesteran kering sebelum melanjutkan dengan pengaplikasian kompon dinding.

2. Campur Kompon Dinding

Ambil kompon dinding yang sudah disiapkan, lalu campurkan dengan air secukupnya. Pastikan takaran air dan kompon dinding sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Aduk campuran hingga merata dan kental.Jangan terlalu banyak menambahkan air agar campuran tidak terlalu encer dan sulit untuk diaplikasikan pada permukaan dinding. Sebaliknya, jangan terlalu sedikit air karena akan membuat campuran terlalu kental dan sulit diaplikasikan.

3. Aplikasikan Kompon Dinding

Setelah campuran kompon dinding diaduk dengan benar, aplikasikan pada permukaan dinding dengan menggunakan spatula. Usahakan untuk menyebar kompon dinding secara merata di seluruh permukaan dinding.Jangan terlalu tebal dalam pengaplikasian kompon dinding karena akan memperpanjang waktu pengeringan. Sebaliknya, jangan terlalu tipis juga karena akan sulit untuk menyelesaikan finishing pada dinding.

🔥 Trending 🔥  Cara Membuat Variasi Dinding Rumah

4. Penghalusan Permukaan Dinding

Setelah kompon dinding diaplikasikan pada permukaan dinding, biarkan hingga kering. Kemudian, amplas permukaan dinding dengan kertas amplas halus agar permukaan dinding menjadi halus dan rata.Jangan terlalu sering mengamplas permukaan dinding karena dapat merusak lapisan kompon dinding yang sudah diterapkan pada permukaan dinding.

5. Finishing Dinding

Setelah penghalusan selesai, permukaan dinding sudah siap untuk di finishing. Pilih cat dinding yang sesuai dengan keinginan dan warna yang ingin diterapkan pada dinding. Aplikasikan cat dinding dengan benar sesuai petunjuk pada kemasan.Setelah cat dinding kering, dinding sudah siap dipakai dan terlihat rapi dan indah.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips mudah dan praktis cara kompon dinding yang bisa Sobat Kabarindoo coba di rumah. Pastikan untuk melakukan persiapan dengan benar sebelum mengaplikasikan kompon dinding. Aplikasikan kompon dinding secara merata dan haluskan permukaan dinding setelah pengeringan. Terakhir, finishing dinding dengan cat dinding yang sesuai dengan keinginan.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!