Cara Membuat Dinding Industrial
Cara Membuat Dinding Industrial

Cara Membuat Dinding Industrial

Halo Sobat Kabarindoo! Industrial style, atau yang juga dikenal dengan istilah loft style, sedang populer di kalangan masyarakat untuk digunakan sebagai gaya interior rumah. Salah satu ciri khas dari industrial style adalah pada dindingnya yang terlihat keren dan berkesan vintage. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat dinding industrial dengan mudah dan praktis.

1. Pilih Warna Cat yang Tepat

Warna cat pada dinding industrial lebih sering menggunakan warna yang gelap seperti abu-abu tua, hitam, atau coklat tua. Selain itu, penggunaan cat metalik juga dapat menambah kesan industrial pada dinding. Namun, jika Anda ingin mencoba warna lain, pastikan warna tersebut memiliki kesan vintage dan terkesan tua.

Sebelum mulai mengecat, pastikan untuk membersihkan dinding dengan baik agar hasil catnya maksimal. Jangan lupa untuk melindungi area sekitar dinding dengan kain atau plastik agar tidak terkena semprotan cat.

2. Gunakan Tekstur pada Dinding

Salah satu cara untuk memberikan kesan industrial pada dinding adalah dengan menggunakan tekstur pada dinding. Tekstur pada dinding dapat memberikan kesan kasar dan bergelombang seperti pada dinding pabrik atau gudang. Anda dapat menggunakan bahan semen atau stucco untuk memberikan tekstur pada dinding.

🔥 Trending 🔥  Cara Plester Dinding Agar Tidak Retak

Untuk membuat tekstur pada dinding, Anda perlu mengoleskan bahan semen atau stucco pada dinding menggunakan kuas atau roller. Setelah itu, gunakan alat khusus seperti sikat atau kawat untuk memberikan kesan kasar pada dinding.

3. Tambahkan Aksen pada Dinding

Agar dinding industrial terlihat lebih menarik, Anda dapat menambahkan aksen pada dinding seperti pipa, kayu, atau besi. Aksen-aksen tersebut dapat dipasang pada dinding dengan menggunakan paku atau double tape.

Anda juga dapat memasang rak atau gantungan pada dinding untuk menambahkan fungsi pada dinding tersebut. Misalnya, gantungan untuk menyimpan sepatu atau rak untuk menyimpan buku.

4. Gunakan Pintu Geser Kayu

Untuk memberikan kesan industrial pada pintu, Anda dapat menggunakan pintu geser kayu yang terlihat vintage dan berkesan tua. Pintu geser kayu dapat memberikan kesan yang berbeda pada interior rumah Anda.

Anda dapat membuat pintu geser kayu dengan menggunakan kayu bekas atau kayu yang telah diolah agar terlihat tua dan vintage. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kayu palet untuk membuat pintu geser kayu.

5. Tambahkan Lampu Gantung

Agar suasana industrial pada dinding semakin terlihat, Anda dapat menambahkan lampu gantung yang terlihat vintage. Lampu gantung dapat memberikan kesan yang berbeda pada interior rumah Anda dan juga dapat menambahkan fungsi pada dinding.

Pilihlah lampu gantung yang memiliki desain sederhana dan terlihat tua. Anda juga dapat memilih lampu gantung dengan warna yang gelap seperti hitam atau abu-abu tua.

6. Buat Papan Tulis pada Dinding

Jika Anda ingin memberikan kesan yang lebih unik pada dinding, Anda dapat membuat papan tulis pada dinding. Papan tulis dapat digunakan untuk menulis pesan atau catatan penting, dan juga dapat menjadi aksen yang menarik pada dinding.

🔥 Trending 🔥  Cara Plester Tembok untuk Pemula

Untuk membuat papan tulis pada dinding, Anda dapat menggunakan cat khusus papan tulis. Setelah itu, buatlah bingkai dari kayu atau besi untuk mempercantik tampilan papan tulis tersebut.

7. Gunakan Wallpaper

Jika Anda tidak ingin repot mengecat atau membuat tekstur pada dinding, Anda dapat menggunakan wallpaper yang memiliki motif dinding industrial. Wallpaper dapat memberikan kesan yang sama seperti dinding industrial tanpa harus repot mengolah dinding.

Pilihlah wallpaper yang memiliki motif dinding industrial yang terlihat realistis. Pasang wallpaper tersebut pada dinding dengan menggunakan lem wallpaper.

8. Tambahkan Papan Kayu pada Dinding

Anda juga dapat menambahkan papan kayu pada dinding untuk memberikan kesan industrial pada dinding. Papan kayu dapat dipasang pada dinding dengan menggunakan paku atau double tape.

Pilihlah papan kayu yang terlihat tua dan vintage. Anda dapat memilih papan kayu yang memiliki warna gelap seperti coklat tua atau hitam.

9. Buat Rak dari Pipa Besi

Jika Anda ingin menambahkan fungsi pada dinding, Anda dapat membuat rak dari pipa besi. Rak dari pipa besi dapat memberikan kesan industrial dan juga terlihat unik dan menarik.

Anda dapat membeli pipa besi dan fitting-nya di toko bangunan atau toko peralatan listrik. Setelah itu, pasang pipa besi dan fitting-nya pada dinding dengan menggunakan paku atau baut.

10. Gunakan Kanvas pada Dinding

Jika Anda ingin memberikan kesan yang lebih artistik pada dinding, Anda dapat menggunakan kanvas pada dinding. Kanvas dapat diberi motif atau gambar yang sesuai dengan tema industrial.

Anda dapat membeli kanvas yang telah diberi motif atau gambar di toko-toko dekorasi. Pasang kanvas tersebut pada dinding dengan menggunakan paku atau double tape.

11. Buat Papan Kayu untuk Menyimpan Benda

Jika Anda ingin menambahkan fungsi pada dinding, Anda dapat membuat papan kayu untuk menyimpan benda-benda seperti buku, sepatu, atau foto. Papan kayu dapat dipasang pada dinding dengan menggunakan paku atau double tape.

🔥 Trending 🔥  Tips Mengoptimalkan Ruang di Ruangan Besar

Pilihlah papan kayu yang terlihat tua dan vintage. Anda dapat memilih papan kayu yang memiliki warna gelap seperti coklat tua atau hitam.

12. Tambahkan Jam Besar pada Dinding

Anda juga dapat menambahkan jam besar pada dinding untuk memberikan kesan industrial pada dinding. Jam besar dapat terlihat vintage dan berkesan tua.

Pilihlah jam besar yang memiliki desain sederhana dan terlihat tua. Anda juga dapat memilih jam besar dengan warna yang gelap seperti hitam atau abu-abu tua.

13. Buat Rak dari Kayu Palet

Jika Anda ingin menghemat biaya dan ingin mencoba membuat sendiri aksen untuk dinding, Anda dapat membuat rak dari kayu palet. Rak dari kayu palet dapat memberikan kesan industrial pada dinding dan juga terlihat unik dan menarik.

Anda dapat membeli kayu palet di toko bangunan atau toko peralatan listrik. Setelah itu, olah kayu palet tersebut agar terlihat tua dan vintage. Pasang kayu palet pada dinding dengan menggunakan paku atau baut.

14. Tambahkan Cermin Besar pada Dinding

Cermin besar dapat memberikan kesan yang berbeda pada dinding. Selain itu, cermin besar juga dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang.

Pilihlah cermin besar yang memiliki desain sederhana dan terlihat tua. Anda juga dapat memilih cermin besar dengan warna yang gelap seperti hitam atau abu-abu tua.

15. Buat Rak dari Pipa PVC

Jika Anda ingin menambahkan fungsi pada dinding dengan biaya yang murah, Anda dapat membuat rak dari pipa PVC. Rak dari pipa PVC dapat memberikan kesan industrial pada dinding dan juga terlihat unik dan menarik.

Anda dapat membeli pipa PVC dan fitting-nya di toko bangunan atau toko peralatan listrik. Setelah itu, pasang pipa PVC dan fitting-nya pada dinding dengan menggunakan paku atau baut.

Kesimpulan

Dinding industrial dapat memberikan kesan yang berbeda pada interior rumah Anda. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap mengenai cara membuat dinding industrial dengan mudah dan praktis. Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan budget yang dimiliki. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!