Cara Menghitung Dinding dengan Mudah dan Cepat
Cara Menghitung Dinding dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghitung Dinding dengan Mudah dan Cepat

Halo Sobat Kabarindoo, kali ini kita akan membahas cara menghitung dinding dengan mudah dan cepat. Menghitung dinding mungkin terlihat sederhana, tapi sebenarnya membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar hasilnya akurat. Jangan khawatir, dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kamu akan bisa menghitung dinding dengan mudah dan cepat.

1. Ukur Lebar dan Tinggi Dinding

Langkah pertama dalam menghitung dinding adalah mengukur lebar dan tinggi dinding. Gunakan penggaris atau meteran untuk mengukur lebar dan tinggi dinding secara akurat. Pastikan kamu mengukur dari ujung ke ujung dinding, termasuk lebar pintu dan jendela jika ada.

Setelah itu, kalikan lebar dan tinggi dinding untuk mendapatkan luas dinding. Misalnya, jika lebar dinding 4 meter dan tingginya 3 meter, maka luas dinding adalah 4 x 3 = 12 meter persegi.

2. Hitung Jumlah Blok yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui luas dinding, selanjutnya hitung jumlah blok atau bata yang dibutuhkan untuk membangun dinding. Untuk menghitungnya, kamu perlu mengetahui ukuran blok atau bata yang akan digunakan.

Misalnya, jika ukuran blok yang akan digunakan adalah 20 cm x 10 cm x 5 cm, maka luas satu blok adalah 20 cm x 10 cm = 200 cm persegi. Selanjutnya, hitung jumlah blok yang dibutuhkan dengan membagi luas dinding dengan luas satu blok. Jadi, jika luas dinding adalah 12 meter persegi (atau 1200 cm persegi), maka jumlah blok yang dibutuhkan adalah 1200 cm persegi / 200 cm persegi = 6 blok.

3. Tambahkan Kebutuhan Mortar

Setelah mengetahui jumlah blok yang dibutuhkan, selanjutnya tambahkan kebutuhan mortar. Mortar adalah campuran semen, pasir, dan air yang digunakan untuk merekatkan blok atau bata.

🔥 Trending 🔥  Tips Membuat Tampilan Ruangan Lebih Lapang

Rasio campuran mortar biasanya adalah 1:4, yaitu 1 bagian semen dan 4 bagian pasir. Jadi, untuk merekatkan 6 blok tadi, kamu membutuhkan 1/5 sak semen dan 4/5 karung pasir, serta air secukupnya.

4. Perhitungan Biaya

Setelah mengetahui jumlah blok dan kebutuhan mortar, kamu dapat menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun dinding. Harga blok dan mortar bisa berbeda-beda tergantung dari daerah masing-masing.

Jika kamu ingin menghemat biaya, kamu bisa mencari blok dan mortar dengan harga yang lebih murah atau menggunakan bahan alternatif seperti batako atau hebel.

Kesimpulan

Menghitung dinding mungkin terlihat sederhana, tapi sebenarnya membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar hasilnya akurat. Dalam menghitung dinding, kamu perlu mengukur lebar dan tinggi dinding terlebih dahulu, kemudian hitung jumlah blok yang dibutuhkan dan tambahkan kebutuhan mortar. Terakhir, hitung biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun dinding.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.