PGI Mengecam Pungli di TPU Cikadut

PGI Mengecam Pungli di TPU Cikadut – Bandung

Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mengecam pembangunan Pemakaman Khusus COVID-19 TPU Cikadut, Bandung, Jawa Barat. Menurut PGI, perilaku terhadap pemakaman bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Perilaku pengurus pemakaman bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Apalagi ketika pemerintah dan seluruh pemuka agama secara aktif mensosialisasikan perlunya solidaritas untuk menanggulangi wabah COVID-19,” kata Philip Situmorang, Direktur Humas PGI, dalam sambutannya. pernyataan tertulis. . Minggu. (20/01/2020). 7/2021)

Filipina juga mengapresiasi tanggapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar Ahmad Dofiri yang mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku. Philip berharap kejadian ini tidak terulang di Jawa Barat atau di daerah lain.

“Setiap elemen masyarakat harus dijauhkan dari perbuatan asusila demi keuntungan atau keselamatan diri sendiri di tengah bencana kemanusiaan yang mengerikan ini,” kata Philip.

Selain itu, Filipina meminta pemerintah meningkatkan pengawasan dan memperkuat keterampilan pedagogis dan literasi terkait hak dan tanggung jawab korban COVID-19. Selain itu, Philip juga menuntut agar tidak ada diskriminasi dalam perawatan pasien di rumah sakit manapun.

“Termasuk pendanaan untuk pengobatan pasien dan korban COVID-19 yang didukung penuh oleh pemerintah,” kata Philip.

“Untuk memastikan semua pelayanan rumah sakit dan pemakaman serta pelayanan pasien COVID-19 dilakukan tanpa diskriminasi suku, agama, atau ras,” tambahnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya memastikan pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Cikadut gratis. Pemerasan yang terjadi dilakukan oleh orang-orang sampah. Ridwan Kamil mengatakan, dugaan pemerasan terhadap salah satu unsur pikul PHL diperlakukan dengan PH awal oleh polisi.

“Adapun kabar prosesi pemakaman yang berlangsung di Cikadut, orang-orang tersebut langsung dipecat dan kini sedang diperiksa polisi,” kata Ridwan, Minggu (11/7) melalui Instagram pribadi Kamil.

🔥 Trending 🔥  Ajak Pemuda Kritis Untuk Daftar Calon Ketua KNPI Jabar

“Orang-orang ini terbukti menggunakan modus ini tidak hanya terhadap non-Muslim, tetapi juga terhadap keluarga jenazah Muslim Covid,” tambah Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.