Cara Membuat Dinding Beton Ekspos
Cara Membuat Dinding Beton Ekspos

Cara Membuat Dinding Beton Ekspos

Halo Sobat Kabarindoo! Apakah Anda ingin memberikan sentuhan industri pada interior rumah Anda? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat dinding beton ekspos. Tampilannya yang kasar dan unik akan memberikan kesan yang berbeda pada ruangan Anda. Namun, pastikan Anda melakukan proses pembuatannya dengan benar agar hasilnya maksimal. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat dinding beton ekspos.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain semen, pasir, air, semen instan, keramik, kuas, alat ukur, dan sealer beton. Sedangkan bahan yang dibutuhkan antara lain beton cor, pelekat, dan kawat anyaman.

2. Membuat Kerangka Dinding

Setelah alat dan bahan disiapkan, langkah berikutnya adalah membuat kerangka dinding. Pastikan ukuran kerangka tersebut sesuai dengan ukuran dinding yang ingin dibuat. Setelah kerangka selesai dibuat, pasanglah kawat anyaman pada setiap ruas kerangka. Kawat anyaman ini berfungsi untuk memperkuat dinding dan mencegah keretakan.

3. Membuat Campuran Beton

Setelah kerangka dinding selesai, langkah berikutnya adalah membuat campuran beton. Campuran beton terdiri dari semen, pasir, air, dan semen instan. Pastikan campuran beton telah tercampur rata dan memiliki konsistensi yang tepat. Kemudian, tuangkan campuran beton ke dalam kerangka dinding yang telah dipasang kawat anyaman. Ratakan permukaan beton dengan menggunakan kuas.

4. Membuat Efek Ekspos

Setelah permukaan beton diratakan, langkah berikutnya adalah membuat efek ekspos pada dinding. Efek ekspos dapat dibuat dengan cara menggosok permukaan beton menggunakan kerikil atau batu. Gosoklah permukaan beton hingga mendapatkan efek yang diinginkan. Setelah itu, biarkan beton mengering selama 24 jam.

🔥 Trending 🔥  Inspirasi Tampilan Kamar Mandi dengan Bathtub yang Mewah

5. Finishing

Setelah beton kering, langkah terakhir adalah melakukan finishing pada dinding beton ekspos. Finishing dilakukan dengan cara mengecat permukaan beton menggunakan sealer beton. Sealer beton berfungsi untuk melindungi permukaan beton dari kerusakan dan menjaga tampilannya tetap indah. Setelah sealer beton kering, dinding beton ekspos siap digunakan.

Kesimpulan

Membuat dinding beton ekspos tidaklah sulit jika Anda mengetahui langkah-langkahnya dengan benar. Pastikan Anda menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dengan baik sebelum memulai proses pembuatan. Dengan sentuhan industri dari dinding beton ekspos, ruangan Anda akan terlihat lebih menarik dan berbeda dari biasanya. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!