Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dengan Mudah
Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dengan Mudah

Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dengan Mudah

Halo Sobat Kabarindoo, kamar mandi adalah tempat yang seringkali menjadi tempat untuk relaksasi dan melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Namun, jika dinding keramiknya kotor dan bercak-bercak, tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan kita. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara membersihkan dinding keramik kamar mandi dengan mudah.

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membersihkan dinding keramik kamar mandi, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan antara lain cuka, baking soda, sabun cair, sikat gigi bekas, dan kain lap.

Cuka dan baking soda sangat efektif untuk membersihkan noda membandel pada dinding keramik. Campurkan 1/2 cangkir cuka dengan 1/4 cangkir baking soda dan 1 liter air. Kemudian, tuangkan campuran ini ke dalam botol semprot dan semprotkan pada dinding keramik yang kotor.

Sabun cair juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan dinding keramik. Cukup campurkan sabun cair dengan air dalam wadah. Selanjutnya, celupkan sikat gigi bekas ke dalam campuran sabun cair dan gosokkan pada noda yang membandel. Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap.

2. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Agar dinding keramik kamar mandi tetap terlihat bersih dan terawat, kamu perlu melakukan pembersihan secara rutin. Membersihkan dinding keramik setiap minggu dapat mencegah kotoran menumpuk dan sulit dibersihkan. Selain itu, pastikan untuk membersihkan noda segera setelah terjadi agar tidak semakin sulit untuk dibersihkan.

🔥 Trending 🔥  Cara Memasang Rak Buku Dinding

Kamu juga bisa menggunakan produk pembersih khusus untuk dinding keramik. Namun, pastikan produk tersebut aman untuk digunakan pada keramik agar tidak merusak permukaan keramik.

3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Beberapa bahan pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti asam muriat dan pemutih dapat merusak permukaan keramik dan berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, hindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya dan gunakan bahan alami seperti cuka dan baking soda atau produk pembersih khusus yang aman untuk digunakan pada keramik.

4. Jangan Gunakan Scrub yang Kasar

Penggunaan scrub yang kasar seperti spons scrub dapat merusak permukaan keramik dan membuatnya mudah rusak. Gunakanlah sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai sebagai ganti scrub untuk membersihkan dinding keramik. Pastikan untuk tidak terlalu keras menggosok permukaan keramik agar tidak merusaknya.

5. Keringkan Dinding Keramik Setelah Dibersihkan

Setelah membersihkan dinding keramik, pastikan untuk mengeringkannya dengan kain lap atau handuk bersih. Dinding keramik yang basah dapat menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat merusak kesehatan.

Kesimpulan

Membersihkan dinding keramik kamar mandi memang terlihat sulit, namun dengan bahan-bahan alami seperti cuka dan baking soda serta sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai, kamu dapat membersihkannya dengan mudah. Selain itu, pastikan untuk melakukan pembersihan secara rutin, menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, tidak menggunakan scrub yang kasar, dan mengeringkan dinding keramik setelah dibersihkan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, dinding keramik kamar mandi kamu akan selalu terlihat bersih dan terawat.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!