PPKM Darurat DKI

Warga DKI Belum Taat PPKM Darurat

Mulai 3 Juli 2021, pemerintah akan menerapkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Darurat Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Langkah ini diambil untuk menekan angka penularan virus corona.

Virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit coronavirus-2019/Covid-19 justru menyebar lebih cepat. Hingga 9 Juli 2021, jumlah pasien positif koroner mencapai 2.455.912 orang. Meningkat 38.124 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Selama sepekan, dengan penerapan kesiapsiagaan darurat PPKM, jumlah pasien baru bertambah 226.974, dengan rata-rata 32.425 orang per hari. Jauh lebih tinggi dari pekan lalu, total pasien plus 174943, rata-rata 21.868 orang per hari.

Jawa dan Bali berkontribusi paling besar terhadap isu-isu positif nasional. Per 8 Juli 2021, seluruh provinsi pulau Jawa menyumbang 29.456 pasien baru, mewakili 76,73% kasus nasional. Ditambah Bali menyumbang 577 kasus baru.

Dengan demikian, jumlah pasien baru di Jawa-Bali adalah 30.033, meningkat 78,23% dari kasus nasional.

Itulah mengapa Jawa (dan Bali) adalah kuncinya. Tanpa mengecilkan hati daerah lain yang menguasai kasus mahkota Jawa-Bali, ini akan membuat kasus secara nasional lebih lambat. Wajah Indonesia bisa diselamatkan di mata dunia.

Tujuan darurat PPKM adalah untuk membatasi mobilitas perusahaan. Dengan semakin banyaknya warga yang keluar dari rumah, virus corona (apalagi sekarang varian delta uang semakin mudah menyebar) akan menyebar dengan cepat dan luas. Mata rantai penularan tidak terputus, sehingga Indonesia lama bebas dari jebakan pandemi.

Sejauh ini, bagaimana mobilitas masyarakat berkembang? Penghuni kulit putih # di rumah?

Pemerintah harus mengurangi mobilitas warga hingga 50% dari hari-hari biasa sebelum pandemi. Apple memiliki data untuk mengukur mobilitas warganya, yang disebut Apple Mobility Index. Di Indonesia diukur dua kota besar yaitu Jakarta dan Denpasar.

Hingga 7 Juli 2021, mobilitas penduduk di Jakarta masih 62,2, dan belum mencapai target. Namun di Denpasar jauh lebih baik karena penurunan indeks mobilitas kepemimpinan sudah di bawah 20.

🔥 Trending 🔥  Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Anak Sekolahan

Apple juga mengukur mobilitas warga yang lewat. Ceritanya sama, mobilitas di Jakarta tidak menurun drastis, begitu pula Denpasar.

PPKM Darurat memiliki tujuan mulia yaitu menyelamatkan nyawa jutaan rakyat Indonesia. Ini sebenarnya harga yang harus dibayar, yaitu ekonomi yang telah “ditangguhkan oleh animasi yang ditangguhkan”.

Namun selama wabah belum berakhir, tidak mungkin menggerakkan perekonomian seperti semula karena aktivitas manusia masih terbatas. Karena itu, berakhirnya pandemi adalah kunci pertumbuhan ekonomi. Ketika epidemi berakhir, diyakini ekonomi akan meningkat.