Cara Mengaplikasikan Desain Interior Industrial yang Fungsional
Cara Mengaplikasikan Desain Interior Industrial yang Fungsional

Cara Mengaplikasikan Desain Interior Industrial yang Fungsional

Halo, Sobat Kabarindoo! Desain interior industrial sedang menjadi tren saat ini. Gaya ini terkenal dengan kesan yang kasar, ekspos pipa, beton, dan dinding bata, yang memberikan kesan tegas dan maskulin. Namun, desain interior industrial juga dapat memberikan kesan yang fungsional dan nyaman jika diaplikasikan dengan benar. Artikel ini akan membahas cara mengaplikasikan desain interior industrial yang fungsional di rumah Anda.

1. Pilih Warna Netral

Warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu adalah warna yang sering digunakan dalam desain interior industrial. Warna-warna ini memberikan kesan yang tegas dan maskulin. Namun, jika rumah Anda kecil, Anda bisa menambahkan warna-warna cerah sebagai aksen pada beberapa bagian ruangan. Misalnya, Anda bisa menambahkan bantal berwarna merah atau biru pada sofa abu-abu.

2. Ekspos Pipa dan Dinding Bata

Salah satu ciri khas desain interior industrial adalah ekspos pipa dan dinding bata. Pipa-pipa dan dinding bata yang terlihat kasar dan tidak dirapikan adalah bagian penting dari desain ini. Namun, pastikan pipa dan dinding bata tersebut tidak menyebabkan kebisingan yang mengganggu.

🔥 Trending 🔥  Desain Kamar Tidur dengan Gaya Vintage Industrial

3. Gunakan Bahan Kasar

Bahan-bahan kasar seperti besi, kayu, dan beton adalah bahan yang sering digunakan dalam desain interior industrial. Anda bisa menggunakan bahan-bahan tersebut pada meja, kursi, dan rak buku. Namun, pastikan bahan tersebut tidak terlalu kasar sehingga tidak nyaman digunakan.

4. Gunakan Lampu Gantung

Lampu gantung adalah salah satu elemen penting dalam desain interior industrial. Anda bisa menggunakan lampu gantung yang terbuat dari logam atau besi untuk memberikan kesan yang tegas dan maskulin pada ruangan Anda. Namun, pastikan lampu tersebut tidak terlalu terang sehingga tidak membuat mata Anda lelah.

5. Gunakan Furnitur dengan Bentuk Sederhana

Furnitur dengan bentuk sederhana dan minimalis adalah pilihan yang tepat untuk desain interior industrial. Meja dan kursi dengan kaki kayu dan bantal kulit adalah contoh furnitur yang cocok untuk desain ini. Namun, pastikan furnitur tersebut nyaman digunakan dan memiliki kualitas yang baik.

6. Pilih Dekorasi yang Sederhana

Dekorasi yang sederhana seperti lukisan hitam-putih atau poster vintage adalah pilihan yang tepat untuk desain interior industrial. Namun, pastikan dekorasi tersebut tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat ruangan terlihat penuh dan berantakan.

7. Buat Ruangan Terbuka

Desain interior industrial seringkali menggunakan konsep ruangan terbuka. Anda bisa membuat ruangan terbuka dengan memasang partisi dari kaca atau menggunakan perabotan yang tidak terlalu besar. Hal ini akan memberikan kesan yang minimalis dan modern pada ruangan Anda.

8. Gunakan Karpet

Karpet dengan motif geometris atau warna netral adalah pilihan yang tepat untuk desain interior industrial. Karpet ini akan memberikan kesan yang tegas dan maskulin pada ruangan Anda. Namun, pastikan karpet tersebut tidak terlalu tebal sehingga tidak sulit untuk dibersihkan.

🔥 Trending 🔥  Ide Dapur dengan Dapur Terbuka: Inspirasi Desain Dapur Modern di Rumah Anda

9. Gunakan Tanaman

Tanaman seperti kaktus atau pohon karet adalah pilihan yang tepat untuk desain interior industrial. Tanaman-tanaman ini akan memberikan kesan yang segar dan natural pada ruangan Anda. Namun, pastikan tanaman tersebut tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat ruangan terlihat penuh.

10. Buat Ruangan yang Fungsional

Desain interior industrial juga harus mengutamakan fungsionalitas. Pastikan ruangan Anda memiliki perabotan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan rak buku atau meja kerja pada ruangan Anda.

11. Gunakan Jendela Besar

Jendela besar adalah salah satu elemen penting dalam desain interior industrial. Jendela besar akan memberikan cahaya alami yang cukup pada ruangan Anda. Namun, pastikan jendela tersebut memiliki kaca yang tebal sehingga tidak mudah pecah.

12. Buat Ruangan yang Bersih dan Rapi

Desain interior industrial yang fungsional juga harus bersih dan rapi. Pastikan Anda selalu membersihkan ruangan Anda dari debu dan kotoran. Jangan menumpuk barang-barang yang tidak perlu pada ruangan Anda.

13. Buat Ruangan yang Nyaman

Desain interior industrial yang fungsional juga harus nyaman. Pastikan Anda menggunakan perabotan yang nyaman dan memiliki kualitas yang baik. Jangan mengorbankan kenyamanan hanya untuk mendapatkan tampilan yang bagus.

14. Gunakan Aksesori yang Sesuai

Aksesori seperti jam dinding atau cermin adalah pilihan yang tepat untuk desain interior industrial. Aksesori ini akan memberikan kesan yang tegas dan maskulin pada ruangan Anda. Namun, pastikan aksesori tersebut tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat ruangan terlihat penuh.

15. Gunakan Kreativitas Anda

Terakhir, gunakan kreativitas Anda untuk mengaplikasikan desain interior industrial yang fungsional di rumah Anda. Anda bisa menambahkan elemen-elemen unik seperti patung atau poster vintage untuk memberikan kesan yang lebih personal pada ruangan Anda.

🔥 Trending 🔥  Cara Membuat Dinding Ekspos

Kesimpulan

Mengaplikasikan desain interior industrial yang fungsional di rumah Anda tidaklah sulit. Anda hanya perlu memilih warna netral, ekspos pipa dan dinding bata, gunakan bahan kasar, gunakan lampu gantung, gunakan furnitur dengan bentuk sederhana, pilih dekorasi yang sederhana, buat ruangan terbuka, gunakan karpet, gunakan tanaman, buat ruangan yang fungsional, gunakan jendela besar, buat ruangan yang bersih dan rapi, buat ruangan yang nyaman, gunakan aksesori yang sesuai, dan gunakan kreativitas Anda. Dengan mengaplikasikan desain interior industrial yang fungsional, rumah Anda akan terlihat lebih modern dan nyaman. Semoga tips ini bermanfaat, Sobat Kabarindoo!Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!