Cara Menggunakan Zoom untuk Pengajaran Jarak Jauh
Cara Menggunakan Zoom untuk Pengajaran Jarak Jauh

Cara Menggunakan Zoom untuk Pengajaran Jarak Jauh

Halo Sobat Kabarindoo!Di masa pandemi seperti ini, pengajaran jarak jauh menjadi pilihan utama untuk melanjutkan proses belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengadakan kelas online adalah Zoom. Namun, banyak juga dari kita yang belum terbiasa menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan Zoom untuk pengajaran jarak jauh.

1. Mendaftar Akun Zoom

Langkah pertama yang harus Sobat Kabarindoo lakukan adalah mendaftar akun Zoom. Sobat Kabarindoo bisa melakukan pendaftaran secara gratis di website resmi Zoom. Setelah mendaftar, Sobat Kabarindoo akan mendapatkan ID dan password yang bisa digunakan untuk login ke aplikasi Zoom.

2. Membuat dan Bergabung ke Ruang Kelas

Setelah berhasil mendaftar, Sobat Kabarindoo bisa membuat ruang kelas di aplikasi Zoom dengan cara klik tombol “New Meeting”. Setelah itu, Sobat Kabarindoo bisa mengundang siswa dengan memberikan link atau ID meeting yang sudah dibuat. Agar lebih aman, Sobat Kabarindoo bisa mengaktifkan fitur “Waiting Room” untuk memastikan bahwa hanya siswa yang diundang yang bisa masuk ke dalam ruang kelas.

3. Menyediakan Materi Belajar

Sobat Kabarindoo bisa menggunakan fitur “Screen Sharing” di Zoom untuk membagikan materi belajar kepada siswa. Selain itu, Sobat Kabarindoo juga bisa menggunakan fitur “Virtual Background” untuk menambahkan latar belakang sesuai dengan tema pelajaran yang sedang dibahas.

4. Mengatur Audio dan Video

Agar proses belajar mengajar berjalan lancar, Sobat Kabarindoo perlu mengatur audio dan video dengan baik. Pastikan bahwa mikrofon dan kamera sudah diaktifkan dan berfungsi dengan baik. Sobat Kabarindoo juga bisa menggunakan fitur “Mute Audio” untuk mengurangi kebisingan yang bisa mengganggu proses belajar mengajar.

🔥 Trending 🔥  Cara Menggunakan Zoom untuk Rapat Jarak Jauh

5. Merekam Sesi Kelas

Sobat Kabarindoo juga bisa merekam sesi kelas di Zoom untuk memudahkan siswa yang tidak bisa hadir pada waktu yang ditentukan. Caranya, klik tombol “Record” di aplikasi Zoom saat sesi kelas sedang berlangsung.

6. Mengakhiri Sesi Kelas

Setelah proses belajar mengajar selesai, Sobat Kabarindoo bisa mengakhiri sesi kelas dengan cara klik tombol “End Meeting”. Jangan lupa untuk memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya dan memberikan feedback tentang proses belajar mengajar yang telah berlangsung.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara menggunakan Zoom untuk pengajaran jarak jauh. Dengan aplikasi ini, proses belajar mengajar bisa tetap berlangsung meskipun sedang dilakukan dari jarak jauh. Jangan lupa untuk mengikuti tips dan trik yang telah dijelaskan di atas agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.