Cara Mengatur Keamanan di Zoom
Cara Mengatur Keamanan di Zoom

Cara Mengatur Keamanan di Zoom

Halo Sobat Kabarindoo, apakah Anda sering menggunakan Zoom untuk rapat online atau kelas virtual? Jika ya, maka keamanan menjadi hal yang sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengatur keamanan di Zoom agar rapat online Anda aman dan terlindungi dari gangguan orang yang tidak diinginkan.

1. Gunakan Password

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan rapat online Anda adalah dengan menggunakan password. Saat membuat rapat baru di Zoom, pastikan untuk mengaktifkan opsi “Require a password to join”. Dengan begitu, hanya orang-orang yang memiliki password yang bisa masuk ke rapat Anda. Jangan pernah membagikan password ke orang yang tidak diinginkan dan pastikan untuk membuat password yang unik dan sulit ditebak.

Untuk mengubah atau menambahkan password di rapat yang sudah ada, Anda bisa masuk ke “Settings” > “Meetings” > “In Meeting (Basic)” > “Meeting Password”. Dari sini, Anda bisa mengubah atau menambahkan password baru.

2. Gunakan Waiting Room

Fitur “Waiting Room” di Zoom memungkinkan Anda untuk menunda masuknya peserta ke rapat sampai Anda mengizinkannya. Dengan begitu, Anda bisa memastikan hanya orang yang diundang yang bisa masuk ke rapat Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke “Settings” > “Meetings” > “In Meeting (Advanced)” > “Waiting Room”.

3. Aktifkan Enkripsi End-to-End

Enkripsi end-to-end adalah fitur keamanan yang membuat rapat Anda terlindungi dari mata-mata. Dengan menggunakan enkripsi end-to-end, pesan dan panggilan Anda dienkripsi di perangkat Anda sendiri dan hanya bisa dibuka oleh penerima yang dituju. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke “Settings” > “Meetings” > “In Meeting (Advanced)” > “End-to-End Encryption”.

🔥 Trending 🔥  Cara WA Agar Tidak Bisa Disadap - Tips Ampuh untuk Keamanan Chatting

4. Gunakan Host Control

Sebagai host rapat, Anda memiliki kontrol penuh atas rapat Anda. Anda bisa memutuskan untuk mengeluarkan peserta yang tidak diinginkan, menonaktifkan video atau audio peserta, dan masih banyak lagi. Untuk mengakses fitur ini, klik “Security” saat rapat sedang berlangsung dan pilih opsi yang sesuai.

5. Jangan Bagikan Link Publik

Bagikan link rapat Anda hanya kepada orang yang diundang. Jangan membagikan link publik di forum atau media sosial, karena hal ini bisa membuat rapat Anda rentan terhadap gangguan orang yang tidak diinginkan.

6. Gunakan Fitur Recording dengan Bijak

Fitur “Recording” di Zoom memungkinkan Anda merekam rapat Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan fitur ini dengan bijak dan hanya merekam rapat dengan izin dari semua peserta. Jangan pernah merekam rapat tanpa izin dan pastikan untuk menyimpan rekaman dengan aman.

7. Perbarui Aplikasi Zoom Anda

Zoom terus memperbarui aplikasinya untuk meningkatkan keamanan dan privasi penggunanya. Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Zoom Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur keamanan terbaru.

8. Hapus Rapat yang Sudah Selesai

Setelah rapat selesai, pastikan untuk menghapusnya dari daftar rapat Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan tidak ada orang yang bisa masuk ke rapat yang sudah selesai dan mengakses informasi yang sudah dibagikan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatur keamanan di Zoom untuk memastikan rapat online Anda aman dan terlindungi dari gangguan orang yang tidak diinginkan. Pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan saat menggunakan Zoom dan jangan pernah membagikan informasi yang sensitif di rapat online. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.