Tips Membuat Tampilan Ruangan Lebih Lapang
Tips Membuat Tampilan Ruangan Lebih Lapang

Tips Membuat Tampilan Ruangan Lebih Lapang

Halo Sobat Kabarindoo, apakah kamu merasa ruangan di rumahmu terasa sempit dan sesak? Jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar tampilan ruanganmu terlihat lebih lapang dan nyaman. Simak ulasan berikut ini:

1. Pilih Warna Cat yang Terang

Warna cat yang terang seperti putih, krem, atau abu-abu muda bisa membuat ruanganmu terlihat lebih luas dan terang. Hindari menggunakan warna cat yang gelap karena akan membuat ruangan terlihat lebih kecil dan sumpek.Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cat dengan efek glossy atau semi-glossy untuk memberikan kesan kilauan dan refleksi cahaya yang lebih banyak di ruanganmu.

2. Gunakan Cermin Besar

Cermin besar bisa menjadi trik jitu untuk membuat ruangan terlihat lebih lapang dan terang. Pasang cermin besar di dinding yang bersebrangan dengan jendela atau pintu agar cahaya bisa dipantulkan dan memantulkan cahaya yang lebih banyak.Selain itu, cermin besar juga bisa memberikan efek kedalaman dan membuat ruangan terlihat lebih dalam.

3. Pilih Furnitur yang Multifungsi dan Minimalis

Furnitur yang multifungsi seperti sofa bed atau meja lipat bisa menjadi solusi untuk menghemat ruang di rumahmu. Selain itu, pilih furnitur dengan desain minimalis dan ramping agar tidak memakan banyak ruang.Hindari menggunakan furnitur yang terlalu besar dan berat karena akan membuat ruangan terlihat lebih sempit dan sesak.

🔥 Trending 🔥  Desain Dapur Mungil yang Cantik dan Fungsional

4. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang baik bisa membuat ruangan terlihat lebih lapang dan nyaman. Gunakan lampu yang terang dan difus untuk memberikan kesan lebih terang dan luas.Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lampu sorot atau lampu dinding untuk memberikan aksen dan fokus pada beberapa bagian di ruangan.

5. Buat Pola Lantai yang Diagonal

Pola lantai yang diagonal bisa memberikan efek optik yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Hindari menggunakan pola lantai yang linear atau lurus karena akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.Kamu bisa menggunakan keramik atau kayu dengan pola diagonal untuk memberikan kesan lebih luas pada ruanganmu.

6. Buat Rak Dinding

Rak dinding bisa menjadi solusi untuk menyimpan barang-barang tanpa memakan banyak ruang. Kamu bisa membuat rak dinding dengan desain minimalis dan ramping agar tidak memakan banyak ruang.Selain itu, rak dinding juga bisa memberikan aksen dan tampilan yang menarik pada ruanganmu.

7. Pilih Tirai yang Tipis dan Transparan

Tirai yang tipis dan transparan bisa memberikan kesan lebih terang dan lapang pada ruanganmu. Hindari menggunakan tirai yang tebal dan berat karena akan membuat ruangan terlihat lebih kecil dan sumpek.Kamu juga bisa menggunakan tirai dengan warna cerah atau pola yang menarik untuk memberikan aksen pada ruanganmu.

8. Hindari Menggunakan Dekorasi yang Terlalu Banyak

Dekorasi yang terlalu banyak akan membuat ruangan terlihat lebih sempit dan sesak. Pilih dekorasi yang minimalis dan teratur agar tidak membuat ruangan terlihat berantakan.Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa dekorasi dengan warna dan tema yang sama untuk memberikan kesan lebih serasi pada ruanganmu.

9. Buat Pintu Geser

Pintu geser bisa menjadi solusi untuk menghemat ruang di rumahmu. Kamu bisa membuat pintu geser dengan desain minimalis dan ramping agar tidak memakan banyak ruang.Selain itu, pintu geser juga bisa memberikan efek modern dan tampilan yang menarik pada ruanganmu.

🔥 Trending 🔥  Cara Mengecat Dinding Motif Bata

10. Gunakan Tanaman Hias yang Kecil

Tanaman hias yang kecil bisa menjadi solusi untuk memberikan aksen pada ruanganmu tanpa memakan banyak ruang. Pilih tanaman hias dengan ukuran kecil dan desain yang menarik agar memberikan kesan lebih hidup dan segar pada ruanganmu.Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pot atau wadah yang unik untuk menambah tampilan dan kesan yang menarik pada tanaman hiasmu.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membuat tampilan ruanganmu terlihat lebih lapang dan nyaman. Pilihlah warna cat yang terang, gunakan furnitur yang multifungsi dan minimalis, perhatikan pencahayaan, buat pola lantai yang diagonal, dan hindari menggunakan dekorasi yang terlalu banyak.Dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa membuat ruanganmu terlihat lebih lapang dan nyaman. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!