Cara Menggunakan Fitur Tokopedia Ongkir
Cara Menggunakan Fitur Tokopedia Ongkir

Cara Menggunakan Fitur Tokopedia Ongkir

Halo Sobat Kabarindoo, jika kamu seorang penjual di Tokopedia, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur Tokopedia Ongkir. Fitur ini mempermudah kamu dalam menghitung biaya pengiriman produk yang akan kamu jual. Namun, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan fitur Tokopedia Ongkir dengan maksimal. Berikut ini adalah panduan lengkap cara menggunakan fitur Tokopedia Ongkir.

Langkah Pertama: Aktifkan Fitur Ongkir

Sebelum kamu bisa menggunakan fitur Tokopedia Ongkir, pastikan fitur ini sudah aktif terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan” pada halaman Tokopedia kamu. Setelah itu, pilih opsi “Pengiriman” dan aktifkan fitur “Tokopedia Ongkir”.

Dengan mengaktifkan fitur Tokopedia Ongkir, kamu akan lebih mudah dalam menghitung biaya pengiriman produk karena sistem akan secara otomatis menghitung berdasarkan berat dan jarak pengiriman.

Langkah Kedua: Atur Berat Produk

Setelah fitur Tokopedia Ongkir aktif, langkah selanjutnya adalah mengatur berat produk yang akan kamu jual. Hal ini sangat penting karena biaya pengiriman akan dihitung berdasarkan berat produk tersebut.

Kamu bisa mengatur berat produk dengan masuk ke menu “Produk” pada halaman Tokopedia kamu. Setelah itu, pilih produk yang akan kamu jual dan atur berat produk pada bagian “Deskripsi Produk”.

Langkah Ketiga: Atur Lokasi Pengiriman

Langkah selanjutnya adalah mengatur lokasi pengiriman. Kamu bisa mengatur lokasi pengiriman dengan masuk ke menu “Pengaturan” pada halaman Tokopedia kamu dan pilih opsi “Pengiriman”. Setelah itu, pilih “Atur Wilayah Pengiriman” dan tentukan daerah atau kota tujuan pengiriman.

🔥 Trending 🔥  Wajib Tahu, Sebelum Kamu Memakai Atau Menggunakan Sepatu Bola Nike

Dengan mengatur lokasi pengiriman, kamu akan lebih mudah dalam menghitung biaya pengiriman karena sistem akan secara otomatis menghitung berdasarkan jarak pengiriman.

Langkah Keempat: Hitung Biaya Pengiriman

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, langkah terakhir adalah menghitung biaya pengiriman produk yang akan kamu jual. Kamu bisa melakukan ini dengan masuk ke menu “Produk” pada halaman Tokopedia kamu dan pilih produk yang akan kamu jual. Setelah itu, pilih opsi “Tambahkan Opsi Pengiriman” dan pilih opsi “Tokopedia Ongkir”.

Sistem akan secara otomatis menghitung biaya pengiriman berdasarkan berat dan jarak pengiriman. Kamu bisa memilih biaya pengiriman yang paling sesuai dengan produk yang kamu jual.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu akan lebih mudah dalam menggunakan fitur Tokopedia Ongkir untuk mempermudah pengiriman produk kamu. Pastikan kamu mengaktifkan fitur Tokopedia Ongkir, mengatur berat produk, lokasi pengiriman, dan menghitung biaya pengiriman dengan benar agar kamu bisa menawarkan biaya pengiriman yang kompetitif dan meningkatkan penjualan produk kamu.