Kabel Kategori 5 & Kabel Kategori 5e

Kabel Kategori 5 & Kabel Kategori 5e

Di dunia teknologi yang kita jalani saat ini, kita terhubung dengan jutaan kabel, baik yang terlihat maupun tidak. Apa yang akan kita lihat hari ini adalah desain internal dan tujuan dari dua kabel khusus, yang disebut kabel Kategori 5 dan kabel Kategori 6. Kabel Kategori 5, sering dikenal sebagai Cat 5, adalah kabel pasangan terpilin yang dirancang untuk integritas sinyal tinggi. Banyak dari kabel ini tidak berpelindung, tetapi ada juga yang terlindung. Kategori 5 telah diganti dengan spesifikasi Kategori 5e. Jenis kabel ini sering digunakan pada kabel terstruktur di jaringan komputer seperti Ethernet dan juga digunakan untuk mengirimkan banyak sinyal lain seperti layanan suara dasar, token ring, dan ATM (hingga 155 Mbit/s jarak pendek).
Organisasi seperti Asosiasi Industri Telekomunikasi (TIA) dan Asosiasi Industri Elektronik (EIA) telah menetapkan standar produk tertentu, dan pedoman ini telah menghasilkan kabel yang dikategorikan ke dalam kategori yang berbeda berdasarkan tingkat kinerja. Hanya jika Anda tidak begitu akrab dengan terminologi kabel, ada beberapa definisi dan statistik sederhana untuk tiga kabel jaringan yang umum:

Cat 5: Dari tiga jenis kabel yang akan dibahas, Kategori 5 adalah yang paling dasar. Kabel Cat 5 tersedia dalam dua versi yauitu unshielded twisted pair (UTP), yang banyak digunakan di Amerika Serikat, dan shielded twisted pair (SCTP), yang memiliki tingkat perlindungan ekstra terhadap interferensi, tetapi jarang digunakan di luar. dari Eropa. Kabel Kategori 5 padat atau terpuntir: Solid Cat 5 lebih kaku dan merupakan pilihan yang lebih baik saat data perlu ditransmisikan dalam jarak jauh, sedangkan Stranded Cat 5 sangat fleksibel dan kemungkinan akan digunakan sebagai kabel patch. Kabel Cat 5 mendukung Ethernet 10 atau 100 Mbps dan memiliki kapasitas hingga 100 MHz.Untuk membantu Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

🔥 Trending 🔥  Daftar Crypto Coin Yang Menguntungkan Untuk Di Mining

Cat 5e: Kabel Cat 5e (yang berarti Kategori 5, ditingkatkan) berjalan pada saluran yang sama dengan Cat 5 dasar, kecuali kabel tersebut memenuhi persyaratan transfer data yang lebih tinggi. Meskipun Cat 5 umum digunakan pada sistem perkabelan yang ada, Kategori 5e hampir sepenuhnya menggantikannya dengan instalasi baru. Cat 5e mampu menangani data pada 1000 Mbps, cocok untuk Gigabit Ethernet dan memiliki tingkat kegagalan jangka pendek (NEXT) yang jauh lebih rendah daripada Cat 5.
Baik CAT-5 dan CAT-5e memiliki impedansi 100 ohm dan sifat kelistrikan yang mendukung transmisi hingga 100 MHz. Perbedaan antara CAT-5 dan CAT-5e tercermin dalam semua aspek kinerja: kapasitansi, frekuensi, resistansi, atenuasi, dan NEXT. Komponen CAT-5e telah dirancang dengan mempertimbangkan Ethernet gigabit berkecepatan tinggi. Sementara komponen CAT-5 dapat beroperasi sampai batas tertentu pada gigabit Ethernet, mereka beroperasi di bawah standar untuk skenario transfer data tingkat tinggi. Kabel CAT-5e bekerja dengan produk ATM dan kecepatan gigabit. Hanya jika Anda menggunakan sakelar 100 Mbps, dapatkan kabel CAT-5e alih-alih CAT-5.

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

Apakah CAT-5e kompatibel?
Ya, ini bekerja dengan semua adapter dan hub jaringan 10BaseT atau 100BaseT.
CAT-5 juga kompatibel dengan CAT-5e, tetapi transmisi jaringan hanya akan secepat bagian yang paling lambat.

Dapatkah saya menjalankan kabel Ethernet CAT-5e di luar?
Kabel CAT-5e tidak cocok untuk penggunaan di luar ruangan; tetapi biasanya dapat digunakan tanpa masalah. Jika memungkinkan, rutekan kabel melalui jenis saluran untuk mencegah kelembaban atau sambaran petir. Anda harus menemukan pipa PVC abu-abu yang cocok untuk kabel di toko mana pun. Ingatlah bahwa 100 meter adalah jarak maksimum tanpa otak, jembatan, atau bala bantuan.

🔥 Trending 🔥  Pencadangan Data - Apakah Anda memiliki rencana pencadangan dan pemulihan data ?

Berapa suhu pengoperasian kabel CAT-5e?
Suhu pengoperasian untuk kabel CAT-5e: -10C hingga 60C