Cara Mengubah Video Portrait Menjadi Landscape di Adobe Premiere
Cara Mengubah Video Portrait Menjadi Landscape di Adobe Premiere

Cara Mengubah Video Portrait Menjadi Landscape di Adobe Premiere

Video portrait atau potret vertikal sering kali dihasilkan oleh pengguna smartphone saat merekam video. Namun, tidak semua platform atau media sosial mendukung tampilan video portrait. Oleh karena itu, akan sangat berguna untuk mengetahui cara mengubah video portrait menjadi landscape menggunakan Adobe Premiere.

Adobe Premiere adalah salah satu perangkat lunak pengeditan video yang paling populer dan kuat. Dengan menggunakan Adobe Premiere, Anda dapat dengan mudah mengubah video portrait menjadi landscape, sehingga video Anda dapat ditampilkan secara optimal di berbagai platform dan media sosial.

Import Video Portrait ke Adobe Premiere

Langkah pertama adalah mengimpor video portrait ke Adobe Premiere. Buka Adobe Premiere dan pilih “File” > “Import” untuk mengimpor video portrait yang ingin Anda ubah menjadi landscape.

Selanjutnya, cari video portrait di komputer Anda dan pilih untuk mengimpor ke Adobe Premiere. Setelah video diimpor, Anda dapat melihatnya di panel “Project” di Adobe Premiere.

Setelah video berhasil diimpor, seret video tersebut ke timeline atau area kerja di Adobe Premiere.

Pilih Video dan Buka Pengaturan Effect Controls

Setelah video diimpor ke timeline, pilih video tersebut. Kemudian, pergi ke panel “Effect Controls” di Adobe Premiere.

Panel “Effect Controls” adalah tempat di mana Anda dapat mengakses berbagai pengaturan untuk video yang sedang dipilih. Di panel ini, Anda dapat mengubah berbagai aspek video seperti proporsi, tampilan, dan latar belakang.

πŸ”₯ Trending πŸ”₯  Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering di HP Oppo

Pada panel “Effect Controls”, Anda akan melihat opsi-opsi pengaturan yang tersedia untuk video yang sedang dipilih.

Ubah Proporsi Video

Setelah memilih video dan membuka panel “Effect Controls”, langkah selanjutnya adalah mengubah proporsi video dari portrait menjadi landscape. Carilah opsi yang disebut “Motion” atau “Transform” dan buka pengaturannya.

Dalam pengaturan “Motion” atau “Transform”, Anda akan menemukan opsi pengaturan untuk mengubah skala video. Cari opsi yang disebut “Scale” atau “Scale Width”. Sesuaikan nilai skala video hingga mencapai rasio landscape yang diinginkan.

Anda dapat mengubah nilai skala video secara manual atau menggunakan tombol dan slider yang disediakan di panel “Effect Controls”.

Setelah mengubah proporsi video, perhatikan bagaimana video Anda menjadi lebih lebar dan sesuai dengan format landscape.

Atur Tampilan Video

Setelah mengubah proporsi video, Anda mungkin perlu menyesuaikan tampilan video agar tidak terpotong atau terdistorsi. Carilah opsi pengaturan yang disebut “Position” atau “Transform” di panel “Effect Controls”.

Dalam pengaturan “Position” atau “Transform”, Anda dapat mengubah posisi video untuk menyesuaikan tampilan yang optimal. Sesuaikan posisi video hingga tampilan video menjadi lebih baik untuk format landscape.

Bermain-mainlah dengan opsi pengaturan lainnya seperti “Crop” atau “Rotate” jika diperlukan untuk mendapatkan tampilan video yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cobalah beberapa pengaturan yang berbeda dan lihat bagaimana pengaturan ini mempengaruhi tampilan video Anda.

Atur Latar Belakang

Setelah mengubah proporsi dan tampilan video, Anda mungkin perlu mengatur latar belakang video agar sesuai dengan format landscape. Carilah opsi pengaturan yang disebut “Opacity” atau “Background” di panel “Effect Controls”.

Dalam pengaturan “Opacity” atau “Background”, Anda dapat mengatur tingkat transparansi latar belakang video. Sesuaikan opsi tersebut untuk mengatur latar belakang video sesuai dengan keinginan Anda.

πŸ”₯ Trending πŸ”₯  Cara Mengaktifkan Sidik Jari Oppo A16

Anda juga dapat menambahkan elemen grafis atau teks di latar belakang video untuk mempercantik tampilan video landscape yang dihasilkan.

Eksperimenlah dengan berbagai opsi dan lihat bagaimana pengaturan ini mempengaruhi tampilan video Anda.

Export Video Landscape

Setelah selesai mengubah video portrait menjadi landscape, langkah terakhir adalah mengekspor video landscape yang telah Anda edit. Pilih “File” > “Export” di Adobe Premiere untuk memulai proses ekspor.

Pada jendela ekspor, pilih format dan pengaturan ekspor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih format video, tingkat kualitas, dan lokasi penyimpanan untuk video landscape yang telah diedit.

Klik “Export” untuk memulai proses ekspor. Tunggu beberapa saat hingga proses ekspor selesai.

Setelah proses ekspor selesai, Anda akan memiliki video landscape yang siap untuk dibagikan di berbagai platform dan media sosial.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Adobe Premiere, Anda dapat dengan mudah mengubah video portrait menjadi landscape. Proses ini melibatkan beberapa langkah seperti mengimpor video, mengubah proporsi dan tampilan video, mengatur latar belakang, dan mengekspor video landscape yang telah Anda edit.

Adobe Premiere menyediakan berbagai macam pengaturan dan opsi yang memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan presisi dan mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan keinginan Anda.

Sekarang Anda sudah memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang cara mengubah video portrait menjadi landscape di Adobe Premiere. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Video Terkait Cara Mengubah Video Portrait Menjadi Landscape di Adobe Premiere