Cara Mengubah Video Menjadi Audio di WhatsApp dengan Mudah
Cara Mengubah Video Menjadi Audio di WhatsApp dengan Mudah

Cara Mengubah Video Menjadi Audio di WhatsApp dengan Mudah

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Selain digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, dan file, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima video. Namun, terkadang kita ingin mengubah video tersebut menjadi file audio agar lebih praktis dan mudah didengarkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengubah video menjadi audio di WhatsApp dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengubah video menjadi audio di WhatsApp. Salah satunya adalah agar dapat mendengarkan konten audio tersebut tanpa harus membuka video secara penuh. Selain itu, dengan mengubah video menjadi audio, pengguna dapat menghemat ruang penyimpanan di perangkat mereka. Selain itu, mengubah video menjadi audio juga berguna jika Anda ingin mengambil bagian atau cuplikan suara dari video dan menggunakannya untuk keperluan lain, seperti menyimpan musik latar atau suara dalam presentasi Anda.

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp dan Pilih Video yang Ingin Diubah

Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda dan pilih obrolan atau percakapan yang berisi video yang ingin Anda ubah menjadi audio. Klik pada video tersebut untuk membukanya secara penuh. Pastikan Anda telah mengunduh atau menerima video tersebut sebelum melanjutkan proses selanjutnya.

🔥 Trending 🔥  Cara Menyalakan HP Samsung yang Mati Total Baterai Tanam

Setelah video terbuka, perhatikan adanya ikon pena atau edit di pojok kanan atas layar. Klik ikon tersebut untuk membuka menu pengeditan video di WhatsApp.

Mengubah Video Menjadi Audio

Di dalam menu pengeditan video, Anda akan melihat beberapa opsi, seperti memotong video, menambahkan teks, atau menggambar di atas video. Pada tahap ini, Anda perlu memilih opsi “Convert to Audio” atau “Ubah Menjadi Audio” untuk mengubah video menjadi audio.

Setelah memilih opsi tersebut, WhatsApp akan mulai mengonversi video menjadi audio. Proses ini biasanya membutuhkan beberapa saat tergantung pada ukuran dan durasi video yang Anda pilih. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet dan memiliki koneksi yang stabil selama proses konversi berlangsung.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah video menjadi audio. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store yang dapat Anda gunakan. Cari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti langkah-langkah yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Langkah 2: Temukan dan Simpan File Audio yang Telah Dikonversi

Setelah proses konversi selesai, WhatsApp akan secara otomatis menyimpan file audio yang telah dihasilkan. Untuk menemukannya, buka aplikasi File Manager di perangkat Anda dan cari folder “WhatsApp” atau “Media” di dalamnya.

Buka folder tersebut dan cari subfolder bernama “WhatsApp Audio” atau “Audio”. Di dalam subfolder ini, Anda akan menemukan file audio yang baru saja dikonversi oleh WhatsApp. Anda dapat mengakses dan mendengarkan file audio tersebut menggunakan pemutar musik atau aplikasi pemutar audio favorit Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah video menjadi audio, Anda juga perlu mencari folder tempat aplikasi tersebut menyimpan file audio hasil konversi. Biasanya, aplikasi tersebut akan memberi Anda opsi untuk memilih lokasi penyimpanan file audio. Anda dapat menemukan file audio yang telah dikonversi di folder yang telah Anda tentukan sebelumnya.

🔥 Trending 🔥  Cara Melacak HP Hilang dengan Facebook

Langkah 3: Nikmati dan Gunakan File Audio yang Telah Dikonversi

Sekarang Anda telah berhasil mengubah video menjadi audio di WhatsApp. Anda dapat menikmati file audio yang telah dikonversi tersebut dengan mendengarkannya menggunakan pemutar musik di perangkat Anda. Anda juga dapat menggunakan file audio tersebut untuk keperluan lain, seperti mengeditnya, membagikannya ke platform media sosial, atau menyimpannya dalam koleksi musik Anda.

Mengedit File Audio

Jika Anda ingin mengedit file audio yang telah dikonversi, Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit audio yang tersedia di perangkat Anda atau mengunduh aplikasi pengedit audio dari Play Store atau App Store. Dengan aplikasi pengedit audio, Anda dapat memotong, menggabungkan, atau menambahkan efek pada file audio sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membagikan dan Menyimpan File Audio

Anda juga dapat membagikan file audio yang telah dikonversi ke teman atau keluarga melalui aplikasi pesan instan lainnya, seperti WhatsApp, Telegram, atau Line. Selain itu, Anda dapat menyimpan file audio tersebut ke aplikasi penyimpanan cloud, seperti Google Drive atau Dropbox, agar dapat diakses dari berbagai perangkat secara mudah.

Kesimpulan

Mengubah video menjadi audio di WhatsApp adalah cara yang praktis dan mudah untuk mendengarkan konten audio secara terpisah tanpa harus membuka video secara penuh. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah detail tentang cara mengubah video menjadi audio di WhatsApp. Mulai dari memilih video yang ingin diubah, menjalankan proses konversi, menemukan file audio yang telah dikonversi, hingga menikmati dan menggunakan file audio tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengubah video menjadi audio di WhatsApp dengan mudah dan cepat. Ingatlah untuk selalu menggunakan fitur ini dengan bijak dan menghormati hak cipta. Selamat mencoba!

🔥 Trending 🔥  Cara Membuat Video Presentasi di Canva di HP

Video Terkait Cara Mengubah Video Menjadi Audio di WhatsApp dengan Mudah