Kegagalan Hard Disk

Kegagalan Hard Disk dan Pemulihan Data

Hard Disk: Pendahuluan

Hard disk drive adalah perangkat penyimpanan data non-volatil yang menyimpan data elektronik pada permukaan magnetik yang dilapisi pada baki drive hard disk. Anda dapat menggunakan Word Hard untuk membedakannya dari soft atau floppy disk. Hard disk berisi lebih banyak data dan dapat menyimpan antara 10 dan 100 gigabyte, sementara sebagian besar disk memiliki kapasitas penyimpanan maksimum 1,4 megabyte dan lebih cepat.
Biasanya, istilah hard drive hanya dikenal untuk komputer, tetapi secara luas digunakan sebagai penyimpanan jaringan untuk penyimpanan dalam jumlah besar. Selain itu, perangkat ini lazim pada hard drive VCR, pemutar audio, penyelenggara digital, kamera digital, dan bahkan ponsel terbaru.

Reynold Johnson menemukan hard drive pertama untuk komputer IBM 305 pada tahun 1955, dengan lima puluh disk 24 inci dan total kapasitas lima juta karakter, dan pada tahun 1956, hard drive komersial pertama dengan kapasitas 5 megabita, drive IBM 350 RAMAC , diluncurkan. Dengan jangka waktu 50 tahun dan kemajuan pesat dalam teknologi, kami tiba paling lambat pada tahun 2006 – hard drive 750GB pertama dengan (Seagate) dan hard drive 200GB 2,5 ” pertama dengan pemasangan tegak lurus (Toshiba).

Inti  hard disk terdiri dari empat komponen dasar yaitu:
Mangkuk: Disk adalah disk sebenarnya di dalam drive yang menyimpan data magnet. Lembaran konvensional terbuat dari paduan aluminium ringan dan dilapisi dengan bahan yang dapat dimagnetisasi, tetapi teknologi terbaru menggunakan lembaran kaca atau keramik karena juga lebih tipis dan tahan panas. Sebagian besar stasiun memiliki setidaknya dua disk, dan semakin besar kapasitas penyimpanan stasiun, semakin banyak disk yang ada.

Spindle Motor: Hard disk terdiri dari spindel tempat disk berputar dengan kecepatan konstan. Di lengan umum, kepala baca-tulis bergerak di sepanjang dan di antara pelat. Pelat stasiun didistribusikan oleh spacer pelat dan dipasang pada spindel berputar yang memutar semua pelat dalam gerakan seragam. Motor spindel dibangun langsung ke dalam spindel dan memutar cakram pada kecepatan yang disetel konstan antara 3600 dan 7200 rpm.

🔥 Trending 🔥  Inilah Beberapa Cara Screenshot di Laptop

Kepala Baca / Tulis: Kepala baca / tulis membaca dan menulis data ke papan, dan setiap kepala terpasang ke poros penggerak tunggal sehingga setiap kepala bergerak secara harmonis. Biasanya hanya satu kepala yang aktif pada satu waktu, baik membaca atau menulis data. Saat tidak digunakan, kepala tidak aktif, tetapi ketika mereka bergerak, rotasi pelat menghasilkan tekanan udara yang mengangkat kepala dari pelat. Jarak antara pelat dan kepala sangat kecil sehingga bahkan setitik debu atau sidik jari menonaktifkan sentrifugasi. Ketika pelat berputar, kepala bersandar di kepala dalam posisi yang telah ditentukan, yang disebut zona pendaratan.

Aktuator utama: Setiap kepala terpasang ke lengan aktuator tunggal yang menggerakkan kepala di sekitar drum. Tuas operasi menggerakkan kepala dalam busur di atas pelat saat mereka berputar, memberikan setiap kepala akses ke hampir seluruh permukaan pelat. Hard disk modern menggunakan aktuator kumparan suara yang mengarahkan pergerakan kumparan menuju atau menjauh dari magnet permanen berdasarkan jumlah arus yang mengalir melaluinya. Semua hard drive memiliki struktur dasar yang sama dan terdiri dari fungsi fisik yang sama, tetapi kinerjanya tergantung pada kualitas komponen internal.

Kesalahan harddisk:
Kegagalan hard disk drive terjadi ketika hard disk drive tidak berfungsi dan akumulasi data tidak tersedia. Hal ini dapat terjadi selama operasi normal karena faktor internal atau eksternal.
Kegagalan disk bervariasi, dan yang paling umum adalah “Head Crash”, ketika kepala baca dan tulis internal perangkat menyentuh disk atau permukaan penyimpanan magnetik yang sering menggerus permukaan magnetik. Kepala hanya bergerak pada mikrometer dari bidang pelat, yang membuat tabrakan seperti itu biasa terjadi.

Jenis kerusakan ini biasanya menyebabkan kehilangan data yang parah, dan upaya yang tidak tepat untuk memulihkan data akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada data yang tersisa.
Hard drive juga berisi elektronik kontrol lainnya, seperti semikonduktor, katup, atau sirkuit elektronik, serta komponen utama seperti mangkuk, motor spindel, dan aktuator kepala. Perangkat ini dapat menyebabkan kegagalan pada hard disk. Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan disk, tetapi yang paling umum adalah sengatan listrik, fluktuasi tegangan, kegagalan elektronik, kejutan fisik, keausan, korosi, paparan gelombang magnetik tinggi, kejutan tajam, paparan suhu tinggi, dan sebagainya.

🔥 Trending 🔥  Cadangan Data Komputer: Lakukan Sekarang atau Menangis Nanti !

Fenomena kegagalan hard drive meningkat; Untuk meningkatkan kecepatan baca dan tulis, kami sekarang memiliki hard drive terbaru, yang berputar sangat cepat, dan kecepatan besar ini menghasilkan gaya sentrifugal yang sangat besar, satu-satunya penyebab yang tidak menguntungkan selama operasi normal adalah kegagalan hard drive yang parah.

Pemulihan Data Hard Disk:
Pemulihan Data Hard Disk adalah pemulihan data yang direkam dari hard disk drive ketika tidak