Cara Menggunakan WhatsApp untuk Berbagi File

Halo Sobat Kabarindoo! Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp? Aplikasi chatting ini sudah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Selain untuk chatting, WhatsApp juga memiliki banyak fitur, salah satunya adalah untuk berbagi file. Ya, kamu bisa mengirim dan menerima file melalui WhatsApp. Namun, apakah kamu sudah tahu cara menggunakan WhatsApp untuk berbagi file? Jika belum, jangan khawatir. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkapnya untuk kamu.

Langkah Pertama: Buka Chat

Langkah pertama untuk berbagi file melalui WhatsApp adalah dengan membuka chat dengan orang yang ingin kamu kirimkan file tersebut. Kamu bisa membuka chat dengan orang tersebut dengan cara mengetikkan namanya pada kolom pencarian di aplikasi WhatsApp atau dengan mencari chat history dari orang tersebut di dalam aplikasi.

Setelah chat dengan orang tersebut terbuka, kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah Kedua: Klik Tombol Attachment

Selanjutnya, kamu perlu mengklik tombol attachment yang berada di sebelah kiri kolom chat. Tombol attachment ini berbentuk ikon paperclip dan digunakan untuk menambahkan file pada chat.

Setelah kamu mengklik tombol attachment tersebut, akan muncul beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih opsi “Document” jika ingin mengirimkan file dokumen seperti PDF, Word, atau Excel. Kamu juga bisa memilih opsi “Gallery” jika ingin mengirimkan foto dan video.

Langkah Ketiga: Pilih File yang Ingin Dikirimkan

Setelah kamu memilih opsi yang diinginkan, WhatsApp akan membuka file manager untuk memilih file yang ingin kamu kirimkan. Kamu bisa memilih file tersebut dari folder yang tersedia atau dengan menggunakan fitur pencarian untuk mencari file yang diinginkan.

πŸ”₯ Trending πŸ”₯  Cara Nak Connect Printer HP ke Laptop

Setelah kamu menemukan file yang ingin kamu kirimkan, cukup klik file tersebut untuk menambahkannya pada chat. Kamu juga bisa menambahkan pesan pendamping pada file yang kamu kirimkan.

Langkah Keempat: Kirim File

Setelah kamu menambahkan file pada chat dan menambahkan pesan pendamping (jika perlu), kamu bisa langsung mengirimkan file tersebut dengan menekan tombol β€œSend” di sebelah kanan kolom chat.

Setelah kamu mengirimkan file tersebut, orang yang kamu kirimkan file tersebut akan menerima notifikasi bahwa ada file yang dikirimkan pada chat tersebut. Mereka bisa langsung mengunduh file tersebut dengan mengklik pada file yang dikirimkan.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara menggunakan WhatsApp untuk berbagi file. Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengirim dan menerima file melalui aplikasi WhatsApp. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan file dengan ukuran yang cukup besar tanpa perlu khawatir akan terkendala oleh batasan ukuran file yang diperbolehkan. Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi ketika ingin berbagi file dengan teman atau kolega kerja. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.