Cara Menggunakan WhatsApp untuk Kelas Online

Halo Sobat Kabarindoo! Dalam era digital seperti sekarang, banyak sekali orang yang memanfaatkan teknologi untuk belajar dan mengajar. Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan adalah WhatsApp. Selain mudah digunakan, WhatsApp juga memiliki fitur-fitur yang sangat membantu dalam mengadakan kelas online. Berikut adalah beberapa cara menggunakan WhatsApp untuk kelas online.

Membuat Grup Chat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat grup chat dengan para peserta kelas. Pastikan peserta kelas sudah memiliki nomor WhatsApp dan tambahkan mereka ke dalam grup. Di dalam grup chat, kalian bisa berdiskusi tentang topik yang akan dibahas, memberikan tugas, atau bahkan membagikan file-file yang diperlukan untuk kelas.

Untuk membuat grup chat di WhatsApp, cukup klik tombol “New Group” di bagian atas layar. Pilih peserta kelas yang ingin ditambahkan ke grup dan tentukan nama grup yang sesuai. Setelah itu, kalian sudah bisa mulai berdiskusi di dalam grup chat tersebut.

Menggunakan Fitur Video Call

Jika kalian ingin mengadakan kelas online dengan tatap muka, bisa menggunakan fitur video call di WhatsApp. Fitur ini sangat berguna untuk menjelaskan materi secara langsung atau bahkan memberikan presentasi. Selain itu, kalian juga bisa merekam video call dan menyimpannya untuk diputar ulang di kemudian hari.

Untuk menggunakan fitur video call di WhatsApp, cukup klik ikon telepon di bagian atas layar dan pilih “Video Call”. Pastikan jaringan internet kalian stabil agar video call berjalan dengan lancar.

Memberikan Tugas dan Evaluasi

Setelah kelas selesai, kalian bisa memberikan tugas kepada peserta kelas dan mengevaluasi hasilnya melalui WhatsApp. Kalian bisa membuat grup chat khusus untuk tugas atau mengirimkan tugas secara individual kepada peserta kelas. Selain itu, kalian juga bisa memberikan feedback atau evaluasi melalui pesan pribadi atau panggilan suara.

🔥 Trending 🔥  Kenapa HP Mati Sendiri Terus? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Dengan menggunakan WhatsApp untuk kelas online, kalian bisa menghemat waktu dan biaya, serta mempermudah komunikasi antara peserta kelas dan pengajar. Jangan lupa untuk memaksimalkan fitur-fitur WhatsApp yang ada agar kelas online kalian menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!