Cara Menggunakan WhatsApp sebagai Pengganti SMS

Halo Sobat Kabarindoo, saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di seluruh dunia. Selain dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, WhatsApp juga memiliki fitur panggilan suara dan video yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga di seluruh dunia secara gratis. Namun, apakah Anda tahu bahwa WhatsApp juga dapat digunakan sebagai pengganti SMS? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan WhatsApp sebagai pengganti SMS.

1. Download dan Instal Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama untuk menggunakan WhatsApp sebagai pengganti SMS adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Aplikasi WhatsApp tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Setelah selesai mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp, buka aplikasi dan ikuti instruksi untuk membuat akun WhatsApp. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda dan kode verifikasi. Setelah berhasil terverifikasi, Anda siap menggunakan WhatsApp.

2. Mendaftar Nomor Telepon Anda di WhatsApp

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nomor telepon Anda di WhatsApp. WhatsApp akan secara otomatis memeriksa kontak di ponsel Anda untuk melihat apakah ada teman atau keluarga yang menggunakan WhatsApp. Jika ada, mereka akan muncul di daftar kontak Anda.

Anda dapat mengirim pesan teks atau memulai panggilan suara atau video dengan teman dan keluarga yang menggunakan WhatsApp. Jika teman atau keluarga Anda tidak menggunakan WhatsApp, Anda masih dapat mengirim pesan teks kepada mereka menggunakan fitur SMS bawaan ponsel Anda.

🔥 Trending 🔥  Cara WA Online Tapi Tidak Terlihat Online - Tips & Trik

3. Mengirim SMS melalui WhatsApp

Jika Anda ingin mengirim SMS melalui WhatsApp, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menambahkan nomor telepon penerima ke dalam daftar kontak WhatsApp Anda. Setelah nomor penerima terdaftar, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon pesan baru di sudut kanan bawah layar.

Anda akan melihat daftar kontak WhatsApp Anda. Pilih kontak yang ingin Anda kirim pesan teks. Ketuk ikon pesan teks di bawah nama kontak dan ketik pesan teks yang ingin Anda kirim. Setelah selesai mengetik, ketuk ikon kirim di sebelah kanan bawah layar untuk mengirim pesan teks.

4. Mengirim Pesan Suara melalui WhatsApp

WhatsApp juga memiliki fitur pesan suara yang memungkinkan penggunanya untuk merekam dan mengirim pesan suara kepada teman atau keluarga mereka. Jika Anda ingin mengirim pesan suara melalui WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirim pesan suara.

Ketuk ikon mikrofon di sebelah kanan ikon pesan teks dan tahan tombol mikrofon untuk merekam pesan suara. Setelah selesai merekam, lepaskan tombol mikrofon untuk mengirim pesan suara Anda.

5. Mengirim Pesan Gambar atau Video melalui WhatsApp

Selain pesan teks dan suara, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan gambar atau video kepada teman dan keluarga mereka. Jika Anda ingin mengirim pesan gambar atau video melalui WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirim pesan gambar atau video.

Ketuk ikon kamera di sebelah kanan ikon pesan teks dan pilih apakah Anda ingin mengambil foto atau merekam video. Setelah mengambil foto atau merekam video, ketuk ikon kirim di sebelah kanan bawah layar untuk mengirim pesan gambar atau video Anda.

🔥 Trending 🔥  Cara Mem-backup Pesan di WhatsApp

6. Mengatur Pengaturan SMS

Jika Anda ingin mengatur pengaturan SMS di WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas layar. Pilih “Pengaturan” dan pilih “Pesan”. Di halaman ini, Anda dapat mengatur pengaturan pesan Anda, termasuk menonaktifkan pengiriman pesan baca dan menyesuaikan nada dering pesan masuk Anda.

Itulah enam cara menggunakan WhatsApp sebagai pengganti SMS. Dengan menggunakan WhatsApp sebagai pengganti SMS, Anda dapat menghemat biaya SMS dan tetap terhubung dengan teman dan keluarga Anda di seluruh dunia. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!