Cara Memulihkan Pesan yang Terhapus di WhatsApp

Halo Sobat Kabarindoo! Siapa yang tidak pernah mengalami kejadian menghapus pesan penting di WhatsApp secara tidak sengaja? Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan, terutama jika pesan tersebut berisi informasi yang sangat penting dan tidak bisa dikembalikan. Namun, jangan khawatir karena di artikel ini, kita akan membahas cara memulihkan pesan yang terhapus di WhatsApp. Yuk simak!

1. Memulihkan Pesan WhatsApp dari Backup

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus adalah dengan memanfaatkan fitur backup yang disediakan oleh WhatsApp. Untuk memulihkan pesan dari backup, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, pastikan kamu sudah melakukan backup pesan WhatsApp sebelumnya. Kamu bisa memeriksa hal ini dengan masuk ke pengaturan WhatsApp, lalu pilih opsi “Chats” dan pilih “Chat backup”. Di sini kamu bisa melihat kapan terakhir kali kamu melakukan backup.

Setelah itu, hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel kamu. Kemudian, unduh kembali WhatsApp dari App Store atau Play Store dan ikuti langkah-langkah untuk menginstal dan mengaktifkan kembali aplikasi WhatsApp.

Saat aplikasi WhatsApp meminta kamu untuk memulihkan pesan dari backup, pilih opsi “Restore” dan tunggu proses pengunduhan dan pemulihan pesan selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store. Ada banyak aplikasi seperti ini yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah DiskDigger. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, unduh dan instal aplikasi DiskDigger dari Play Store. Kemudian, jalankan aplikasi tersebut dan pilih jenis file yang ingin kamu pulihkan. Misalnya, jika kamu ingin memulihkan file pesan WhatsApp, pilih opsi “Jenis file kustom” dan centang opsi “Pesan WhatsApp”.

🔥 Trending 🔥  Cara Menghidupkan Flash Kamera Depan di HP Xiaomi

Selanjutnya, pilih opsi “Scan perangkat” dan tunggu aplikasi DiskDigger melakukan pemindaian pada ponsel kamu. Setelah proses pemindaian selesai, pilih pesan WhatsApp yang ingin kamu pulihkan dan pilih opsi “Recover”.

3. Memulihkan Pesan dari Chat History

Jika kamu masih bisa melihat chat history di aplikasi WhatsApp, kamu bisa mencoba cara ini untuk memulihkan pesan yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke chat yang ingin kamu pulihkan pesannya. Kemudian, gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Load earlier messages”. Pilih opsi tersebut untuk memuat pesan yang lebih lama dan lihat apakah pesan yang ingin kamu pulihkan ada di sana.

Jika pesan tersebut masih ada di chat history, kamu bisa melakukan screenshot dan menyimpannya sebagai bukti. Namun, jika pesan tersebut sudah terhapus dari chat history, kamu harus mencoba cara lain untuk memulihkannya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan pesan yang terhapus di WhatsApp. Selalu pastikan kamu melakukan backup secara berkala agar data-data penting kamu tetap aman dan tidak hilang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!