Panduan Lengkap Investasi Online Reksadana untuk Pemula

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang investasi reksadana, tapi belum tahu bagaimana cara melakukan investasi tersebut. Investasi reksadana merupakan sebuah cara investasi yang cukup populer di Indonesia karena mudah dilakukan dan memiliki potensi keuntungan yang besar. Nah, bagi kamu yang masih awam tentang investasi reksadana, artikel ini akan membahas panduan lengkap investasi online reksadana untuk pemula.

Pertama-tama, kamu perlu mengenal apa itu reksadana. Reksadana adalah investasi kolektif dimana dana kamu akan digabung dengan dana investor lainnya untuk diinvestasikan oleh manajer investasi. Melalui reksadana, kamu dapat membeli sejumlah saham atau obligasi dan akan memperoleh keuntungan bertambah melalui keuntungan investasi tersebut.

Nah, jika kamu tertarik untuk melakukan investasi reksadana, kamu dapat memilih melakukan investasi dengan cara daring atau online. Cara tersebut memungkinkan kamu melakukan investasi kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor manajer investasi.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan melakukan investasi reksadana secara online. Pertama, kamu harus memiliki rekening tabungan yang akan digunakan sebagai rekening efek. Rekening efek dibutuhkan untuk melakukan transaksi jual dan beli saham atau obligasi melalui reksadana.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui profil risiko kamu sebagai investor. Profil risiko berfungsi sebagai ukuran sejauh mana kamu bersedia menanggung risiko kehilangan dana investasi kamu. Pilihlah produk reksadana dengan profil risiko yang sesuai dengan profil risiko kamu sebagai investor.

Setelah kamu mengetahui profil risiko kamu, langkah selanjutnya adalah memilih reksadana yang sesuai dengan profilmu. Kamu dapat melakukan riset produk dengan mencari informasi di website manajer investasi atau melalui aplikasi perangkat seluler.

Pastikan produk reksadana yang kamu pilih telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan memiliki izin itu, artinya produk tersebut telah memenuhi standar keamanan, transparansi, dan menyajikan informasi yang akurat tentang produk tersebut.

šŸ”„ Trending šŸ”„  Share Trading Meaning: Apa Itu Trading Saham?

Setelah produk reksadana yang akan dibeli sudah dipilih, kamu dapat melakukan pembelian saham atau obligasi melalui aplikasi perbankan atau aplikasi manajer investasi. Perhatikan juga nilai minimum pembelian dan biaya transaksi yang akan dikenakan.

Jika kamu sudah berhasil melakukan pembelian reksadana secara online, kamu dapat memantau performa investasi kamu melalui situs manajer investasi atau aplikasi perangkat seluler. Kamu juga akan mendapatkan laporan bulanan tentang investasi kamu dan biaya-biaya yang dikenakan oleh manajer investasi.

Terakhir, jangan mudah terpengaruh oleh investasi yang menawarkan keuntungan tinggi dengan risiko yang rendah. Semakin besar potensi keuntungan, maka semakin besar juga risikonya. Pilihlah produk reksadana yang sesuai dengan profil risiko kamu dan sesuaikan juga investasi kamu dengan tujuan keuangan jangka panjang kamu.

Kesimpulan

Investasi reksadana merupakan salah satu cara investasi yang cukup populer di Indonesia. Apabila kamu ingin melakukan investasi tersebut secara online, pastikan kamu memilih produk reksadana yang sudah terdaftar dan memperhatikan profil risiko kamu sebagai investor. Selanjutnya, pilihlah produk reksadana yang sesuai dengan profil risiko kamu, dan jangan terlalu terpaku dengan keuntungan tinggi dalam waktu singkat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai investasi reksadana secara online!