Kripto Adalah Berikut Adalah Penjelasan Tentang Kripto

Kripto Adalah, Berikut Penjelasan Mengenai Uang Kripto

Cryptocurrency atau uang kripto adalah mata uang yang menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak jenis cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia.

Dari namanya, cryptocurrency berasal dari dua kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang. Dengan kata lain, cryptocurrency adalah mata uang virtual yang dilindungi oleh kode rahasia.

🔥 Trending 🔥  Metode Trading Bitcoin yang Diperbolehkan di Indonesia

Sederhananya, uang kripto adalah mata uang yang memiliki kata sandi rahasia yang agak rumit yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Uang kripto adalah

Dikutip dari Investopedia, sistem perlindungan cryptocurrency atau cryptocurrency adalah dengan menggunakan kriptografi sebagai jaminan.

Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi saluran informasi dan komunikasi melalui penggunaan kode-kode.

Konsep kriptografi sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Saat itu, Jerman menggunakan kriptografi untuk mengirim kode rahasia agar tidak mudah dibaca oleh Sekutu.

Penggunaan kriptografi tidak memanipulasi penggunaan cryptocurrency. Ini berarti bahwa transaksi cryptocurrency tidak dapat dipalsukan.

🔥 Trending 🔥  10+ Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan di Desa

Daftar cryptocurrency atau cryptocurrency biasanya terpusat dalam sistem yang disebut teknologi blockchain.

Cara Kerja Uang Kripto

Dikutip dari Forbes, ada tiga kata kunci yang terkait dengan cara kerja cryptocurrency, yaitu digital, terenkripsi, dan terdesentralisasi.

Artinya, tidak seperti mata uang konvensional, yaitu Dolar AS atau Euro, atau bahkan Rupiah, mata uang digital ini tidak dikontrol oleh otoritas pusat terkait nilai uangnya.

Jadi tugas mengontrol dan mengelola mata uang ini sepenuhnya dilakukan oleh pengguna mata uang kripto melalui internet.

Bitcoin adalah mata uang kripto pertama. Prinsip cryptocurrency sendiri dijelaskan secara prinsip oleh Satoshi Nakamoto dalam artikel yang berjudul “Bitcoin: Peer to Peer Electronic Money System”, yang dapat diakses di situs bitcoin.org.

🔥 Trending 🔥  5 fakta dasar tentang polis asuransi kesehatan dalam ekonomi yang buruk

Dalam artikel tersebut, Nakamoto menggambarkan proyek aset cryptocurrency sebagai sistem pembayaran elektronik berdasarkan bukti kriptografi, bukan hanya kepercayaan. Bukti kriptografi ada dalam bentuk transaksi yang diverifikasi dan dicatat dalam program yang disebut blockchain.

Jenis Jenis Uang Kripto

Bagi Anda yang tertarik untuk memperdagangkan aset cryptocurrency atau cryptocurrency, perhatikan misalnya, setidaknya ada 10.000 jenis cryptocurrency yang saat ini diperdagangkan.

Namun, di Indonesia sendiri, ada 229 cryptocurrency yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

🔥 Trending 🔥  Rasio Solvabilitas (RBC) Industri Asuransi Masih Terjaga Selama Pandemi

Berikut jenis cryptocurrency yang paling populer atau memiliki kapitalisasi pasar terbesar dalam dolar AS, yaitu:

  1. Bitcoin
  2. Ethereum
  3. Binance coin
  4. Cardano
  5. Degocoin
  6. Litecoin

Crypto Bitcoin adalah mata uang kripto dengan kapitalisasi atau penilaian pasar terbesar di dunia. Saat ini, total nilai pasar Bitcoin telah mencapai US$671,78 miliar atau sekitar Rp. 9.673,63 triliun (kurs Rp 14.400).

Kedua sejauh menyangkut pasar mata uang kripto adalah Ethereum. Padahal, Ethereum adalah perangkat lunak atau software berbasis jaringan blockchain yang dapat diakses secara bebas atau open source.

Aplikasi berbasis jaringan blockchain memiliki aset kripto yang disebut Ether.

Menurut CNN, perangkat lunak Ethereum dibuat untuk memperluas penggunaan blockchain melalui Bitcoin dan dapat digunakan untuk aplikasi yang lebih luas.

Berbeda dengan jumlah bitcoin cryptocurrency yang terbatas, pasokan crypto Ethereum tidak terbatas. Ethereum saat ini diperdagangkan di sekitar $2.200 per keping.

🔥 Trending 🔥  Asuransi Mobil All Risk dan Total Loss Only, Inilah Perbedaan dan Keuntungannya