Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Nanas adalah buah memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan. Buah nanas juga merupakan buah yang serbaguna sehingga dapat dinikmati dengan berbagai cara, salah satunya adalah jus.

Jus nanas ternyata memiliki sederet nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut membuat manfaat buah nanas sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, penelitian modern telah melihat buah nanas dan senyawanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Mari kita simak ulasan berikut ini.

6. Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh, kali ini kita akan membahas 6 diantara banyak manfaat dari buah nanas.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah nanas dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bromelain, campuran enzim yang ditemukan secara alami dalam buah nanas, memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah nanas kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya. Jadi, minum jus nanas bisa membantu melindungi Anda dari infeksi virus dan bakteri yang mengintai.

🔥 Trending 🔥  Orang Kaya Jual Rumah di Pondok Indah.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan beta-karotennya dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari atau kotoran dan mendorong pembentukan kolagen.

Manfaat buah nanas untuk kecantikan tentu bisa dicoba untuk wanita dan pria yang menginginkan kulit lentur dan halus. Makan buah nanas dapat mengoptimalkan proses sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, semakin kencang dan elastis kulit Anda.

3. Mengatasi peradangan

Buah nanas dapat membantu mengurangi peradangan, yang dianggap sebagai penyebab banyak penyakit kronis. Hal ini terutama karena kandungan bromelain dalam buah ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini mungkin sama efektifnya dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

Buah nanas merupakan sumber utama enzim proteolitik yang disebut bromelain. Bromelain mengandung sifat anti-inflamasi yang berguna dalam mengurangi peradangan, memar dan bengkak, serta membersihkan sel-sel yang rusak.

4. Membantu proses pencernaan

Buah nanas dianggap mampu mengatasi masalah pencernaan. Kandungan bromelain dan buah nanas dapat memecah protein lebih cepat, sehingga mempercepat proses pencernaan.

Bromelain sangat baik untuk orang dengan insufisiensi pankreas, yaitu suatu kondisi ketika pankreas tidak dapat menghasilkan enzim pencernaan yang cukup. Untuk mempercepat penyerapan nutrisi, konsumsi jus nanas sangat dianjurkan.

🔥 Trending 🔥  Anak ABG Ikut Aksi Demo di Tasik Berujung Ricuh

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C dan nanas tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi buah nanas dapat mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya menyumbat arteri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dalam kadar yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Nah dengan mengkonsumsi jus nanas atau buah secara langsung secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak ada keraguan tentang keunggulan ini.

6. Menjaga kesehatan mata

Menurut beberapa penelitian, selain mengandung vitamin C, buah nanas juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan. Seiring bertambahnya usia, sel-sel cenderung rusak. Ini disebut degenerasi makula. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi jus nanas.

Agar tetap sehat, perbanyak asupan vitamin A, salah satunya dengan mengonsumsi jus nanas cair. Kandungan beta-karoten dalam nanas diubah di hati menjadi vitamin A.

🔥 Trending 🔥  Ujian Calon Dubes RI Hari ini Dilaksanakan Secara Tertutup