10+ Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan di Desa

10+ Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan di Desa

Ketika Anda membuka toko di pinggir kota, kedengarannya biasa dan umum. Namun pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mencoba peluang bisnis rumahan di desa?

Karena pada kenyataannya peluang usaha rumahan di desa merupakan peluang usaha yang sangat menggiurkan. Selain itu, pemerintah melihat adanya komitmen untuk meningkatkan perekonomian pedesaan.

Di daerah pedesaan, persaingan untuk bisnis relatif lebih sedikit daripada di kota dan pinggiran kota. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya warung pinggir jalan di desa tersebut. Keterbatasan modal juga menjadi kendala tersendiri yang membuat masyarakat pedesaan sulit mendapatkan manfaat dari pengembangan usahanya.

Namun, jangan lupakan pentingnya untuk selalu melindungi keuangan Anda dengan asuransi kesehatan. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu lagi khawatir harus ke rumah sakit karena sudah ditanggung oleh asuransi.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis di desa Anda, Anda mungkin ingin mencoba salah satu dari peluang bisnis tambahan di desa berikutnya yang pasti menjanjikan.

Pilihan Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan di Desa

1. Petani

Peluang usaha rumahan pertama di desa yang bisa Anda coba pertama kali adalah menanam hasil pertanian di kebun. Ada banyak jenis perkebunan yang bisa Anda coba, mulai dari cabai, bawang, sayur hingga jamur.

Itu hanya cocok dengan iklim di mana Anda tinggal, serta ukuran taman yang Anda miliki di rumah.

🔥 Trending 🔥  Usulan Suntikan Modal Rp. 2 T untuk BTN ?

2. Distributor hasil pertanian

Seperti yang kita ketahui, salah satu pendapatan desa di Indonesia adalah dari pertanian. Jika tidak terdistribusi dengan baik dan benar, perekonomian akan mengalami kematian.

Menjadi distributor hasil pertanian dari desa ke kota merupakan peluang usaha sampingan di desa yang bisa anda coba.

Modal yang perlu Anda miliki adalah jaringan yang luas agar barang bisa dikirim ke lebih banyak daerah.

3. koperasi simpan pinjam

Meski keberuntungan tidak seberapa, Anda bisa mencoba membuka koperasi simpan pinjam. Tujuan utama dari bisnis ini bukan untuk mencari keuntungan, tetapi untuk membantu desa menemukan kehidupan atau bisnis yang lebih baik.

Jadi, yakinkan dulu diri Anda sebelum membuka usaha koperasi simpan pinjam jika tujuan utamanya bukan uang.

4. Agen asuransi

Pentingnya asuransi untuk melindungi keuangan kita tidak dapat disangkal merupakan kebutuhan primer. Jangan sampai tabungan kita segera habis, karena Anda akan harus membayar tagihan untuk perawatan di rumah sakit.

Kini anda bisa mengambil peluang usaha sampingan di desa ini dengan menjadi agen asuransi yang memasarkan produk asuransi di daerah anda.

5. Warung makan

Peluang usaha rumahan terdekat di desa adalah, anda bisa membuka warung makan atau pramusaji jika anda berada di kota besar.

Warung ini sangat cocok untuk orang yang suka memasak dan memiliki ketertarikan di bidang kuliner.

Bisa dijual melalui makanan khas daerah, atau mengenalkan makanan khas daerah lainnya yang akan membuat konsumen penasaran untuk datang ke toko kelontong Anda.

6. Jualan sayur

Tidak hanya di perumahan atau di kompleks, kamu juga bisa berjualan sayur di desa lho!

Jarak desa dengan pasar dalam kota yang cukup jauh terkadang membuat warga sekitar malas berbelanja kebutuhan memasak sehari-hari. Oleh karena itu, perdagangan sayur dapat laris manis dan bagi Anda ada pilihan peluang usaha sampingan di desa.

🔥 Trending 🔥  Quotex Broker Review

7. Ternak hewan

Selain bertani, peluang usaha rumahan lainnya di desa lain yang bisa Anda bangun adalah beternak hewan seperti kambing, anjing atau bebek. Untuk memulai, Anda dapat menggunakan beranda sebagai media berkembang biak.

Jika nanti Anda mendapat untung dan berencana membuka lahan yang lebih besar, Anda bisa mencari lahan baru untuk beternak.

8. Pom bensin mini

Berbeda dengan di kota, di desa Anda akan kesulitan menemukan SPBU atau SPBU.

Jika melihat potensi tersebut, Anda bisa membuat SPBU mini yang kini juga marak di pinggiran kota-kota besar. Tingginya mobilitas penduduk desa membuat bisnis ini juga cukup menjanjikan di masa depan.

9. Warung kopi

Setelah membuka warung makan, Anda juga bisa membuka sangrai kopi kecil-kecilan di rumah. Modal yang dibutuhkan juga relatif lebih sedikit karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

Cukup menyajikan aneka kopi dan aneka gorengan sebagai menu pelengkap. Mudah bukan?

10. Warung internet

Peringkat kesembilan adalah warnet atau biasa disebut warnet. Keterbatasan teknologi di pedesaan menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan membuka warung internet.

Selain ruko, pembukaan warnet juga berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan komputer masyarakat pedesaan, terutama anak-anak yang menyukai perkembangan teknologi.

Modal yang Anda butuhkan hanyalah komputer atau laptop dan koneksi internet yang baik.

11. Tempat sewa WiFi

Jaringan telekomunikasi di desa dan kota memiliki kesenjangan yang cukup jauh dari sisi infrastruktur.

Kesulitan mendapatkan akses internet di desa bisa Anda manfaatkan sebagai pilihan bisnis yang bagus, yaitu menawarkan layanan WiFi murah.

Dijamin banyak orang akan datang ke tempat Anda untuk dengan mudah membuka media sosial atau bermain game online.

🔥 Trending 🔥  Cara Mengetahui Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

12. Perbaikan alat petani

Kini sebagian petani di desa tersebut telah menggunakan peralatan canggih berbasis mesin untuk membajak sawah atau sekedar merawat hasil pertaniannya. Namun pasti ada kalanya peralatan yang digunakan rusak dan perlu diperbaiki.

Peluang usaha rumahan di desa ini cocok untuk tenaga ahli yang memiliki keahlian di bidang permesinan.

13. Blogger

Siapa di antara Anda yang suka menulis? Jika demikian, maka Anda dapat menggunakan kemampuan ini untuk hidup di blog tentang kisah unik di sebuah desa.

Jika ingin lebih, Anda bisa menjadi YouTuber dengan konten menarik dari latar belakang pedesaan.

14. Warung sembako

Dengan sedikitnya mini market di desa, Anda dapat membuka toko kelontong atau toko kelontong di rumah Anda sebagai toko.

Untuk inovasi, mungkin Anda bisa menerapkan metode pengiriman langsung ke rumah agar lebih banyak pelanggan yang datang untuk membeli sembako tempat Anda menjualnya.

15. Produksi hasil kerajinan tangan

Peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yang perlu dicoba adalah mengembangkan produk kerajinan.

Indonesia dikenal secara internasional sebagai salah satu negara yang menghasilkan pengrajin berkualitas baik.

Sayangnya, hal tersebut masih belum disadari oleh masyarakat kota yang lebih dibanjiri brand asing. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk menghasilkan kerajinan tangan.