Produksi Mobil Daihatsu di Indonesia Mencapai 7 Juta Unit

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meraih hasil yang luar biasa di tahun 2021. Di tengah pandemi yang berdampak besar pada industri otomotif, Daihatsu berhasil mencapai 7 juta produksi mobil pada tahun ini.

Daihatsu telah mencapai 7 juta unit dalam 43 tahun sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 1978.

Namun, performa Daihatsu sempat terhalang sejumlah kendala hingga saat mencapai 7 juta unit. Salah satunya adalah wabah COVID-19, yang mengganggu produksi mobil di pabrik karena beberapa peraturan pemerintah yang ketat.

Meski demikian, produksi mobil Daihatsu terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tersedia dari 6 juta unit hingga 7 juta unit hanya dalam dua tahun. Bahkan, pandemi COVID-19 bisa saja memperlambat angka ini.

Kurniawan Rahardono, Head of Plant Management PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan Daihatsu telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan mobil di pasar mobil Indonesia selama lima tahun terakhir.

“Dalam lima tahun terakhir, rata-rata kontribusi produk ADM mencapai 40% dari pasar mobil Indonesia. Diperkirakan ADM bisa mencapai 800.000 produksi mobil hingga akhir tahun,” kata Rahardono dalam konferensi pers di Daihatsu, Jumat. , 20. Juni. 8 /). 2021).

Rahardono mengatakan pertumbuhan produksi mobil layak dilakukan berkat adanya pabrik Daihatsu Sunter dan Karawang. Ini akan memungkinkan ADM mencapai 7 juta produksi pada tahun 2021.

“ADM akan terus meningkatkan produksi dengan membangun pabrik Sunter 2007 dan Karawang 2012 untuk lebih meningkatkan kapasitas produksi unit mobil Daihatsu,” ujarnya.

Jika melihat catatan mobil Daihatsu dalam beberapa tahun terakhir, PT ADM mencapai 1 juta unit produksi pada 2005, kemudian 2 juta unit pada 2010 dan 3 juta unit pada 2013, mempengaruhi 4 juta unit pada 2015 dan 5 juta unit per tahun.

🔥 Trending 🔥  Keunggulan Mobil Crossover Yang Jadi Trend Saat Ini

Dua tahun kemudian, ADM berhasil mencapai 6 juta unit pada 2019. Jadi, pada 2021, Daihatsu bisa mencapai 7 juta unit dengan memproduksi mobil di pabrik.