Alat Pemantau Filter Solar

Alat Pemantau Filter Solar Buatan Mahasiswa Mercu Buana

Pemilik mobil diesel sudah menyadari risiko penumpukan lumpur atau penumpukan karbon dioksida di tangki bahan bakar. Ini mungkin karena penggunaan bahan bakar berkualitas buruk. Jika terjadi penumpukan atau kompresi, mobil diesel akan kurang bertenaga.

Mesin diesel dilengkapi dengan filter bahan bakar yang menyaring minyak diesel, yang terkadang mengandung air atau kotoran. Kinerja filter diesel yang optimal memastikan bahwa polusi tidak masuk ke sistem injeksi bahan bakar.

Namun, terkadang filter bahan bakar tersumbat karena akumulasi kotoran. Ini akan membuat mesin kurang bertenaga.

Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Mercu Buana menemukan solusi untuk mengecek kondisi filter solar yang tersumbat. Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, Indro Indarto, Rasdiwan Dwi Chandra dan Enggar Diswandoro, telah menciptakan alat yang disebut Fuel Block Control System untuk mengatasi masalah penumpukan karbon dioksida di tangki bahan bakar.

“Dengan alat ini, pengemudi bisa mengecek apakah filter solar pada mesin diesel terjadi kompresi, terutama pada mobil dengan biodiesel. Untuk memperbaiki mobil segera sebelum kondisinya memburuk,” kata Indro Indarto. Sabtu (21 Agustus 2021).

Menurut Indro, alat ini menggunakan teknologi informasi (IT) terkini. Proses verifikasi dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sistem yang dikendalikan komputer untuk menganalisis kondisi mesin kendaraan.

Ketiga mahasiswa Universitas Mercu Buana ini menghabiskan waktu sekitar satu tahun untuk meneliti sistem kontrol blok bahan bakar. Ini merupakan proyek terbaru bagi mahasiswa Departemen Teknik Mesin Universitas Mercu Buana.

“Semoga penemuan ini bisa menjadi produk inovasi yang efektif yang bisa menjadi produk hilir dari Universitas Mercu Buana,” ujar Hadi Pranoto selaku dosen pembimbing.

Alat inovasi karya mahasiswa Universitas Mercu Buana ini diresmikan pada acara tahunan Forum HAKTEKNAS (Kebangkitan Teknologi Nasional) Dekan Teknik Indonesia pada Pameran Virtual Inovasi Gotong Royong untuk Memperkuat Kebanggaan Indonesia pada 19 Agustus 2021. Slip ) 2021.

🔥 Trending 🔥  Pengurangan Karyawan, Honda Mulai Beralih ke Mobil Listrik