Mobil Crossover

Keunggulan Mobil Crossover Yang Jadi Trend Saat Ini

Dalam beberapa tahun terakhir, mobil crossover menjadi tren di kalangan pecinta mobil, tak terkecuali di Indonesia. Perlu dicatat bahwa mobil crossover menggabungkan konsep mobil sport (SUV) dan mobil multiguna (MPV).

Kombinasi ini membuat mobil crossover nyaman untuk bepergian bersama keluarga karena ukurannya yang ringkas dan andal serta tangguh di berbagai medan.

Karena menggabungkan dua konsep mobil sekaligus, wajar jika mobil crossover menjadi tren dan banyak diminati. Hal ini dikarenakan mobil ini dapat menunjang aktivitas dan mobilitas masyarakat perkotaan besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan mobil crossover, baca pernyataan berikut.

1. Ukuran kompak

Salah satu yang membedakan mobil crossover dengan SUV adalah ukurannya. Mobil crossover berukuran lebih kompak daripada SUV.

Sebuah mobil crossover kompak adalah Mitsubishi Xpander Cross. Dimensi mobil ini adalah panjang 4500 mm (mm), lebar 1800 mm, tinggi 1750 mm, dan ground clearance atau jarak minimal 225 mm dari bagian mobil ke jalan atau tanah.

Mobil crossover dengan dimensi lebih kecil dari SUV, seperti Mitsubishi Xpander Cross, jauh lebih lincah di banyak jalanan kota. Mobil ini juga cocok untuk mengatasi garasi dan keterbatasan ruang yang sering dialami pemilik SUV karena ukurannya yang relatif kecil.

Selain itu, Mitsubishi Xpander Cross mampu melibas segala medan dengan floor clearance 225 mm, mulai dari jalanan ibu kota yang beraspal hingga jalan tanah dan berbatu. Manfaat ini memungkinkan mobil crossover melibas genangan air yang kerap membanjiri ibu kota saat musim hujan.

🔥 Trending 🔥  Cara Cepat Menjual Mobil Bekas

2. Desain bodi Gahar

Desain mobil crossover tak kalah mencolok dari SUV, meski ukurannya lebih kompak. Hal ini dikarenakan mobil crossover juga dilengkapi dengan aksesoris yang juga terdapat pada SUV, seperti fender, side skirt dan rail roof. Semua aksesoris tersebut dapat ditemukan di Xpander Cross.

Mobil crossover mengusung wajah Dynamic Shield yang menjadi identitas mobil Mitsubishi modern. Desain geometris mobil ini juga menggambarkan keseimbangan antara dinamisme dan tenaga.

Xpander Cross memiliki bemper dan desain gril depan berwarna hitam yang membuatnya terlihat gagh.

Selain itu, desain lower bumper ski Xpander Cross yang kuat dan protektif membuat kesan SUV semakin kuat. Di bagian belakang terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di ujung bumper mobil. Ini meningkatkan perasaan tangguh mobil.

Xpander Cross bisa percaya diri dalam berpetualang karena memiliki velg baru berukuran 17 inci yang dipadukan dengan bentuk wheelbase dan dekorasi berpenampilan sporty pada bodi samping.

Kehadiran roof rail di atas mobil bisa menunjang aktivitas petualang Anda, apalagi jika Anda membawa banyak barang.

3. Cocok untuk mobil keluarga serbaguna

Selain ketangguhan ala SUV, mobil crossover juga menawarkan kenyamanan ala MPV. Inilah mengapa Xpander Cross menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia karena mengusung konsep crossover MPV serbaguna.

Crossover MPV ini tak hanya diandalkan saat menjelajah perkotaan sebagai kendaraan harian, namun juga diajak berpergian di medan semi off-road di akhir pekan.

Xpander Cross memiliki kabin besar yang mampu menampung hingga tujuh penumpang. Kompartemen penumpang lebih lebar di sisi kanan dan kiri, dan footwell lebar dan tinggi.

Hal ini membuat jarak antar penumpang lebih fleksibel untuk memberikan keamanan dan kenyamanan, terutama saat pandemi. Sandaran kursi tengah dibagi 60:40 dan kursi belakang dibagi 50:50. Hal ini membuat manajemen ruang lebih mudah karena kursi dapat di lipat. Apalagi jika Anda membawa banyak barang ke dalam mobil.

🔥 Trending 🔥  MPV Premium, Hyundai Staria Vs Toyota Alphard

Selain itu, Xpander Cross sebagai versi tertinggi dari seri Xpander dilengkapi dengan fitur keselamatan lengkap seperti active stability dan traction control, dual airbag, cruise control, sensor parkir dan floor assistant. Ada juga layar infotainment 7 inci yang mendukung koneksi smartphone dan kamera belakang.

Setiap lini Xpander Cross juga dilengkapi dengan jaringan listrik, sehingga penumpang tidak perlu khawatir untu isi daya smartphone saat melakukan perjalanan jarak jauh.

4. Bahan bakar efisien

Mesin crossover memiliki kapasitas yang lebih kecil dari mesin SUV, sehingga lebih irit. Rata-rata mobil crossover memiliki kapasitas 1.500 cc. Sementara, kapasitas SUV biasanya di atas 2000 cc.

Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross menggunakan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.500 cc, dilengkapi Valve Control Electronic Control System (MIVEC) DOHC 16 valve inovatif dari Mitsubishi. Fitur ini memudahkan pengoperasian dari kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi (rpm).

Sedangkan transmisi yang digunakan ada dua, yakni transmisi otomatis 4 percepatan (AT) dan transmisi manual 5 percepatan (MT).

Mitsubishi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kelancaran mesin Xpander Cross baru dibandingkan seri Xpander 4A9 sebelumnya. Selain itu, terdapat teknologi insulasi di kompartemen penumpang yang mampu meredam kebisingan hingga 80 persen.

Mobil crossover seperti Xpander Cross telah menggunakan struktur sasis monocoque atau sasis yang pas dengan bodi mobil. Struktur sasis ini ringan, mendukung mobilitas yang lebih cepat dan efisiensi bahan bakar.

Dengan kapasitas mesin dan bodi yang lebih sedikit, mobil crossover lebih murah daripada SUV.

Sebagai gambaran, harga Xpander Cross on the Road (OTR) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) pada Agustus 2021 adalah berkisar antara Rp 276,5 juta hingga Rp 299,5 juta. Sementara itu rata-rata harga SUV di atas Rp 400 juta.ngsung Mitsubishi Contact Center atau kunjungi website resmi Mitsubishi.

🔥 Trending 🔥  Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021