Jenis Asuransi Mobil

Jenis Asuransi Mobil Berikut Manfaatnya

Bagi Anda yang sering bepergian dengan menggunakan kendaraan khususnya mobil, asuransi mobil merupakan salah satu hal yang perlu Anda miliki.

Hal ini dikarenakan harga mobil yang tergolong tidak murah, sudah sepatutnya merawat barang ini dengan sebaik-baiknya.

Namun sayangnya, sepertinya masih banyak orang yang menganggap asuransi mobil tidak terlalu penting.

Untuk itulah kami mengambil kesempatan ini untuk membahas informasi tentang asuransi mobil, mulai dari jenisnya hingga manfaatnya.

Jenis-jenis asuransi mobil

Menurut gardaoto.com, sebaiknya Anda mengenal dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi all risk dan asuransi total loss (TLO), yang rinciannya sebagai berikut:

Asuransi kendaraan risiko penuh (All Risk)

Jenis asuransi kendaraan bermotor yang pertama adalah asuransi all risk, atau bisa disebut juga dengan asuransi komprehensif. Sesuai namanya untuk all risk atau semua risiko, asuransi ini sebenarnya mengcover berbagai jenis kerusakan pada mobil, mulai dari kecelakaan lalu lintas, bencana alam hingga huru hara.

Namun, risiko yang ditanggung pihak asuransi tentunya harus disesuaikan dengan premi yang Anda bayarkan. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk membeli produk asuransi yang benar-benar diperlukan dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Asuransi mobil Total Loss Only (TLO)

Nah, dan jenis asuransi mobil lainnya adalah asuransi Total Loss Only atau yang bisa disingkat dengan asuransi TLO.

Perlu di perhatikan bahwa jenis asuransi mobil ini hanya menanggung kerusakan yang perkiraan biaya perbaikannya sama atau bisa di atas 75 persen dari harga mobil sesaat sebelum kerusakan.

🔥 Trending 🔥  Asuransi Kendaraan Online Dari Cermati-Adira Syariah

Namun pada umumnya banyak orang yang lebih memilih asuransi TLO karena kebanyakan harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan perusahaan full risk.

Manfaat asuransi mobil

Jika Anda sudah familiar dengan jenis-jenis asuransi mobil, kini saatnya membahas manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi ini. Berikut beberapa manfaatnya:

Meminimalisir biaya perbaikan jika terjadi kerusakan

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan jika memiliki asuransi mobil jenis ini adalah meminimalkan biaya perbaikan jika suatu saat terjadi kerusakan. Karena kesehatan dan keuangan, keadaan lalu lintas jalan bukanlah sesuatu yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun.

Kecelakaan dan kejadian tak terduga bisa terjadi di mana saja, kapan saja. Apa yang akan Anda lakukan jika mobil yang Anda kendarai mengalami kecelakaan dan membutuhkan biaya perbaikan yang besar? Asuransi mobil bisa menjadi salah satu solusi terbaik.

Secara umum, perusahaan asuransi telah menghubungi sejumlah bengkel mitra tempat Anda dapat mengunjungi klaim asuransi Anda.

Memberikan perlindungan terhadap resiko kecelakaan

Manfaat lain dari asuransi mobil adalah dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, kondisi lalu lintas sangat tidak terduga dan kecelakaan kecil hingga besar dapat terjadi di mana saja dan di mana saja.

Oleh karena itu, asuransi mobil dapat menjadi salah satu bentuk perlindungan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Dapat digunakan sebagai proteksi jika terjadi pencurian

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kasus pencurian mobil seringkali menjadi sasaran utama. Untuk apa? Penyebabnya tak lain karena harga jualnya yang biasanya sangat tinggi.

Nah, percaya atau tidak, ternyata kerugian mobil akibat pencurian juga bisa dilindungi oleh asuransi lho, berupa penukaran unit yang tentunya juga harus sesuai dengan produk asuransi mobil yang Anda miliki.

🔥 Trending 🔥  Ulasan dan Informasi Broker Grand Capital

Untuk mengajukan klaim, Anda hanya perlu mengumpulkan bukti-bukti yang ada, seperti kamera CCTV dan dokumen pendukung lainnya.

Bukti-bukti itu juga dapat di gunakan untuk membuat laporan mengenai kejadian tersebut pada pihak berwajib.

Memberikan rasa aman dan nyaman

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan dengan asuransi mobil adalah perasaan tenang, aman dan nyaman.

Anda tidak perlu lagi khawatir menggunakan mobil kesayangan Anda untuk mobilitas. Tentu saja, Anda perlu mengemudi dengan hati-hati untuk Anda sendiri dan pengguna jalan lain.