BLT 1,2 Juta Cair

BLT 1,2 Juta Cair Cek di eform.bri.co.id/bpum

Bantuan Langsung Tunai atau blt 1,2 juta, Bantuan Produktif Usaha Mikro ditargetkan akan cair secara bertahap.

Teten Masduki, Menteri Koprasi dan UKM telah menyampaikan bahwa jumlah dana yang di berikan dalam program bantuan langsung tunai atau blt sebesar 1,2 juta. Ini berkurang setengahnya jika dibandingkan dengan tahun lalu yakni 2,4 juta.

Kepala Bagian Humas (Kepala Humas) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Anang Rachman membenarkan bahwa BPUM akan kembali di cairkan.

“Ditargetkan sampai dengan akhir Juli dapat dicairkan untuk 1,5 juta penerima,” kata Anang.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, pencairan blt BPUM akan disalurkan sesuai instruksi Kemenkop UKM.

“Perpanjangan jangka waktu pencairan blt 1,2 juta akan dilakukan sesuai dengan instruksi Kementerian Koperasi dan UKM RI,” kata Aestika.

Pencairan blt 1,2 juta dapat dilakukan melalui BRI paling lambat Desember 2021.

Sementara itu, untuk memastikan masyarakat yang termasuk dalam kategori penerima blt, dapat dilakukan melalui website e-form BRI https://eform.bri.co.id/bpum

Diketahui, anggaran BPUM yang disalurkan ke masyarakat sebesar Rp 11,76 triliun kepada 9,8 juta penerima. Dalam konferensi pers evaluasi PPKM darurat, Menteri Keuangan Sri Mulani mengatakan masih ada anggaran yang harus segera dicairkan.

“Saat ini kami meminta Kementerian UMKM dari Juli hingga September. Masih ada anggaran 3,6 triliun yang bisa diberikan kepada 3 juta peserta baru,” kata Sri Mulyani.

Dengan demikian, total alokasi anggaran dari BPUM hingga 2021 adalah sebesar 15,36 triliun untuk 12,8 juta penerima.

Pada target pencairan Juli-September 2021, jumlah bantuan yang diberikan sebesar Rp 1,2 juta per pelaku usaha.

Cara cek penerima BPUM melalui BRI
1. Buka https://eform.bri.co.id/bpum
2. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
3. Masukkan kode konfirmasi yang muncul di layar
4. Klik tombol “Proses Permintaan”
5. Muncul pesan apakah Anda terdaftar atau tidak sebagai penerima blt 2021

🔥 Trending 🔥  Kini Agen Asuransi Prudential Berperan Sebagai Penasihat Keuangan

Untuk Proses pencairan bantuan, penerima bantuan agar membawa berbagai dokumen, seperti paspor, ATM dan kartu identitas, surat pernyataan, pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) dan/atau kuasa penerimaan dana blt, ke kantor cabang BRI.