Cryptocurrency

Jenis Jenis Cryptocurrency Yang Populer Saat Ini

Cryptocurrency disebut sebagai mata uang digital yang keberadaannya menarik perhatian dunia, termasuk Indonesia.

Minat publik dalam mengumpulkan cryptocurrency pada awalnya sangat rendah, tetapi sekarang cukup tinggi karena permintaan yang besar untuk investasi dalam cryptocurrency.

Meskipun demikian, cryptocurrency tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Di Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengatur perdagangan mata uang cryptocurrency.

Jadi bagaimana cara kerja mata uang cryptocurrency ini dan jenis apa yang mereka miliki? Berikut penjelasan dari berbagai sumber.

Pengertian cryptocurrency

Mengacu pada definisi Investopedia tentang cryptocurrency, cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai Jaminan. Dengan kriptografi, cryptocurrency tidak dapat dipalsukan atau dimanipulasi.

Sebuah sistem yang disebut teknologi blockchain biasa digunakan dalam proses pencatatan cryptocurrency. Blockchain seperti buku besar yang secara efisien mencatat dan memverifikasi semua data transaksi.

Skema blockchain ini dibagikan dengan mengikuti protokol peer-to-peer untuk memvalidasi blok baru.

Cryptocurrency ada di semua negara, sehingga transaksi antar negara dapat dilakukan tanpa terpengaruh oleh nilai tukar.

Beberapa Jenis Cryptocurrency Yang Populer

Bitcoin (BTC)

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency paling populer dan paling banyak diperdagangkan. Kenaikan nilai aset kriptografi terus meningkat.

Bitcoin berada pada skala komersial global sejak awal, termasuk layanan peer-to-peer, dan digunakan sebagai uang digital, sehingga permintaannya tinggi.

Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC)

Mata uang kripto Litecoin juga memiliki likuiditas tinggi. Litecoin saat ini beredar di pasar dengan 84 juta atau lebih.

Kelebihan Litecoin adalah proses tambahan yang singkat, yaitu 2 menit dibandingkan dengan alat kriptografi lainnya. Litecoin masih menjadi landasan investor.

🔥 Trending 🔥  Bank Jago Incar Pengusaha Truk untuk Salurkan Modal

Ethereum (ETH)

Ethereum (ETH)

Cryptocurrency Ethereum ini diperdagangkan secara luas dan proses penerbitan dana relatif sederhana dibandingkan dengan yang lain.

Cryptocurrency Ethereum adalah mata uang digital dengan konsep kontrak pintar yang memungkinkan pengembang untuk merilis aplikasi untuk smartphone.

Koin Binance (BNB)

Koin Binance (BNB)

Referensi dari CNBC, nilai pasar Binance Coin adalah 4 persen dan pertumbuhannya mengalahkan Bitcoin dan Ethereum.

Unit dengan koin BNB ini bernilai $641,43 atau sekitar Rp 9,1 juta. Bahkan nominalnya pun terus bertambah.

Cardano (ADA)

Cardano (ADA)

Mata uang cryptocurrency Cardano adalah blockchain pertama di dunia dengan sistem yang lebih efisien.

Cardano juga menduduki peringkat ke-7 di pasar pada Mei 2021, harga tetap tinggi dan merupakan mata uang cryptocurrency paling aman saat ini.

Beginilah cara kerja cryptocurrency

Menurut Forbes, pengoperasian cryptocurrency terkait dengan sistem digital, terenkripsi, dan terdesentralisasi. Dengan cara ini, cryptocurrency tidak mendapatkan kendali terpusat atas mata uang tradisional secara umum.

Dengan demikian, kontrol sistem penuh mata uang cryptocurrency ini dipertahankan untuk pengguna mata uang kripto melalui internet.

Seperti yang dikatakan Satoshi Nakamoto, penggagas Bitcoin, perangkat kriptografi adalah sistem pembayaran elektronik dengan bukti kriptografi, yaitu transaksi yang dikendalikan oleh blockchain.

Ada banyak ide tentang cryptocurrency, jenisnya, dan cara kerjanya, jadi Anda tidak boleh memilih alat crypto yang salah.