Tips Memanfaatkan Area Kosong di Ruangan dalam Desain Interior
Tips Memanfaatkan Area Kosong di Ruangan dalam Desain Interior

Tips Memanfaatkan Area Kosong di Ruangan dalam Desain Interior

Halo Sobat Kabarindoo! Apakah kamu memiliki ruangan yang terasa kosong dan tidak berfungsi dengan baik? Jangan khawatir, kamu dapat memanfaatkan area kosong di ruangan dengan desain interior yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan ruangan kosong di rumahmu.

1. Tambahkan Rak Dinding

Jika kamu memiliki dinding yang kosong, tambahkan rak dinding untuk memberikan ruang penyimpanan tambahan dan juga sebagai dekorasi. Rak dinding dapat digunakan untuk menyimpan buku, pernak-pernik, atau bahkan tanaman hias. Pilihlah rak dinding yang sesuai dengan gaya desain interiormu.

Selain itu, kamu juga dapat membuat rak dinding secara DIY dengan bahan-bahan yang mudah didapat seperti kayu dan pipa. Rak dinding DIY memberikan kesan unik dan personal pada ruanganmu.

2. Gunakan Meja Lipat

Meja lipat sangat cocok digunakan untuk ruangan yang terbatas. Meja lipat dapat dijadikan sebagai meja kerja atau meja makan sementara saat dibutuhkan, dan dapat dilipat kembali ketika tidak digunakan untuk menghemat ruang.

Meja lipat juga dapat digunakan sebagai meja rias atau sebagai meja belajar. Pilihlah meja lipat dengan desain yang cocok untuk desain interior ruanganmu.

3. Buat Partisi Ruangan

Jika kamu memiliki ruangan yang besar dan ingin memisahkannya menjadi beberapa area, buatlah partisi ruangan. Partisi ruangan dapat dibuat dari kayu, kain, atau bahkan kaca.

🔥 Trending 🔥  Desain Interior Ruang Tamu yang Menghadap ke Taman

Partisi ruangan dapat digunakan untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang makan atau ruang tidur dengan ruang kerja. Partisi ruangan juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan yang unik.

4. Gunakan Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi sangat cocok digunakan untuk ruangan yang terbatas. Furniture multifungsi dapat berupa sofa bed, meja dengan rak penyimpanan, atau kursi yang dapat dilipat menjadi meja kecil.

Furniture multifungsi dapat digunakan untuk memaksimalkan ruangan kosong dan juga sebagai solusi praktis untuk ruangan yang terbatas. Pilihlah furniture multifungsi dengan desain yang sesuai dengan desain interior ruanganmu.

5. Gunakan Laci Bawah Tempat Tidur

Laci bawah tempat tidur merupakan tempat penyimpanan yang sering terlupakan. Gunakan lah laci bawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan seperti seprai cadangan, selimut, atau bantal cadangan.

Dengan memanfaatkan laci bawah tempat tidur, kamu dapat menghemat ruangan di lemari dan juga membuat kamar tidurmu lebih rapi dan terorganisir.

6. Tambahkan Tanaman Hias

Tanaman hias dapat menjadi dekorasi alami yang indah pada ruangan kosong. Tanaman hias dapat diletakkan di sudut ruangan atau di atas meja. Pilihlah tanaman hias yang sesuai dengan kondisi ruanganmu seperti tanaman yang cocok diletakkan di tempat yang teduh atau tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung.

Dengan menambahkan tanaman hias pada ruanganmu, kamu dapat memberikan kesan segar dan alami pada ruanganmu.

7. Gunakan Lampu Gantung

Lampu gantung dapat digunakan sebagai dekorasi pada ruangan kosong di atas meja makan atau meja kerja. Lampu gantung juga dapat digunakan sebagai pengganti lampu plafon untuk memberikan kesan yang lebih dramatis pada ruanganmu.

Pilihlah lampu gantung dengan desain yang sesuai dengan desain interior ruanganmu dan sesuai dengan kebutuhanmu.

🔥 Trending 🔥  Desain Interior Rumah Minimalis dengan Gaya Skandinavia

8. Tambahkan Cermin Besar

Cermin besar dapat digunakan sebagai dekorasi pada ruangan kosong dan juga sebagai solusi praktis untuk ruangan yang terbatas. Cermin besar dapat membuat ruangan terlihat lebih besar dan memberikan kesan elegan pada ruanganmu.

Cermin besar juga dapat digunakan sebagai cermin ganti pakaian pada kamar tidur atau sebagai cermin rias pada kamar mandi. Pilihlah cermin besar dengan desain yang sesuai dengan desain interior ruanganmu.

9. Buat Rak Buku

Jika kamu memiliki banyak buku, buatlah rak buku untuk menyimpannya. Rak buku dapat dibuat dari kayu atau besi dan dapat diletakkan di dinding atau di sudut ruangan.

Rak buku dapat digunakan untuk memaksimalkan ruangan kosong dan juga sebagai dekorasi ruangan yang unik. Pilihlah rak buku dengan desain yang sesuai dengan desain interior ruanganmu.

10. Gunakan Gorden Transparan

Gorden transparan dapat digunakan sebagai pengganti gorden tebal pada ruangan yang terbatas. Gorden transparan dapat memberikan kesan yang lebih ringan pada ruanganmu dan juga membuat ruanganmu terlihat lebih luas.

Gorden transparan juga dapat digunakan pada ruangan yang terkena sinar matahari langsung untuk mengurangi panas dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Pilihlah gorden transparan dengan desain yang sesuai dengan desain interior ruanganmu.

11. Buat Ruang Shabby Chic

Shabby chic adalah gaya desain interior yang menggunakan bahan-bahan yang terlihat kuno dan usang namun masih terlihat cantik dan menarik. Buatlah ruangan shabby chic pada ruangan kosong dengan menggunakan bahan-bahan seperti kayu, kain bunga-bunga, dan keramik klasik.

Ruang shabby chic dapat dijadikan sebagai ruang santai atau ruang makan yang unik dan personal. Pilihlah bahan-bahan yang sesuai dengan gaya desain interiormu.

🔥 Trending 🔥  Desain Interior Ruang Tamu Sederhana Namun Elegan

12. Buat Dinding Galeri

Dinding galeri dapat digunakan sebagai dekorasi pada ruangan kosong. Dinding galeri dapat diisi dengan lukisan, foto, atau bingkai yang unik dan menarik.

Dinding galeri juga dapat digunakan sebagai pengganti wallpaper pada dinding yang kosong dan membosankan. Pilihlah lukisan, foto, atau bingkai yang sesuai dengan desain interior ruanganmu.

13. Tambahkan Lampu Meja

Lampu meja dapat digunakan sebagai dekorasi pada ruangan kosong dan juga sebagai pengganti lampu plafon pada ruangan yang terbatas. Lampu meja dapat diletakkan di meja kerja atau di sudut ruangan.

Lampu meja juga dapat digunakan sebagai pengganti lampu tidur pada kamar tidur atau sebagai lampu baca pada ruang tamu. Pilihlah lampu meja dengan desain yang sesuai dengan desain interior ruanganmu.

14. Buat Ruang Musik

Buatlah ruang musik pada ruangan kosong dengan meletakkan instrumen musik seperti gitar, piano, atau drum. Ruang musik dapat dijadikan sebagai ruang kreatif untuk bermain musik dan juga sebagai dekorasi ruangan yang unik.

Ruang musik juga dapat digunakan untuk melepaskan stres dan mengisi waktu luang dengan hobi yang menyenangkan. Pilihlah instrumen musik yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

15. Buat Studio Foto

Buatlah studio foto pada ruangan kosong dengan menggunakan backdrop dan lampu studio. Studio foto dapat digunakan untuk memotret produk atau untuk mengabadikan momen special seperti prewedding atau ulang tahun.

Studio foto juga dapat digunakan sebagai hobi yang menyenangkan dan menghasilkan. Pilihlah backdrop dan lampu studio yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kesimpulan

Dalam desain interior, ruangan kosong dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memaksimalkan ruangan dan juga sebagai dekorasi ruangan yang unik. Dengan menggunakan tips-tips di atas, kamu dapat membuat ruanganmu menjadi lebih fungsional dan juga lebih indah.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Kabarindoo!