Cara Membersihkan HP Android Agar Tidak Lemot
Cara Membersihkan HP Android Agar Tidak Lemot

Cara Membersihkan HP Android Agar Tidak Lemot

Halo Sahabat Kabarindoo! Siapa yang tidak ingin memiliki smartphone android yang cepat dan lancar digunakan? Namun, seringkali kita mengalami masalah hp android yang lemot dan lambat saat digunakan. Masalah ini tentu sangat mengganggu dan menyebabkan kita tidak nyaman dalam menggunakan hp android tersebut. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan hp android agar tidak lemot. Simak tips dan trik berikut ini!

1. Membersihkan Cache

Salah satu penyebab hp android yang lemot adalah banyaknya cache yang menumpuk. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi agar tidak perlu memuat ulang data yang sama berulang kali. Namun, cache yang terlalu banyak dapat membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, membersihkan cache secara berkala sangat dianjurkan. Caranya cukup mudah, yaitu:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Aplikasi

– Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya

– Tekan tombol Hapus Cache

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Banyak aplikasi yang terinstal di hp android kita yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Aplikasi tersebut hanya memenuhi ruang penyimpanan dan memakan memori RAM. Oleh karena itu, menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan sangat dianjurkan agar hp android bisa berjalan lebih lancar. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Aplikasi

– Pilih aplikasi yang ingin dihapus

πŸ”₯ Trending πŸ”₯  Cara Agar Hotspot HP Nyambung ke Laptop

– Tekan tombol Hapus Aplikasi

3. Membersihkan RAM

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam hp android. RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara saat hp android digunakan. Jika RAM terlalu penuh, hp android bisa menjadi lemot. Oleh karena itu, membersihkan RAM secara berkala sangat dianjurkan. Caranya cukup mudah, yaitu:

– Tekan tombol Recent Apps

– Pilih tombol Clear All untuk membersihkan semua RAM

4. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Jika Anda merasa kesulitan untuk membersihkan hp android secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner. Aplikasi ini akan membersihkan cache, file sampah, dan memori RAM secara otomatis. Beberapa aplikasi cleaner yang bisa Anda gunakan adalah Clean Master, CCleaner, dan AVG Cleaner.

5. Menghapus Berkas yang Tidak Dibutuhkan

Selain cache, hp android juga bisa menjadi lemot karena banyaknya berkas yang tidak diperlukan yang tersimpan di dalamnya. Berkas-berkas tersebut bisa berupa foto, video, atau dokumen yang tidak lagi dibutuhkan. Oleh karena itu, menghapus berkas-berkas tersebut sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka aplikasi File Manager

– Pilih folder yang ingin dihapus

– Tekan tombol Hapus

6. Memperbarui Sistem Operasi

Sistem operasi hp android juga bisa menjadi penyebab hp android yang lemot. Oleh karena itu, memperbarui sistem operasi secara berkala sangat dianjurkan. Memperbarui sistem operasi bisa meningkatkan performa hp android secara signifikan. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Tentang Ponsel

– Pilih Perbarui Sistem

– Ikuti instruksi yang diberikan

7. Menonaktifkan Animasi

Animasi di dalam hp android bisa membuat tampilan menjadi lebih menarik, namun juga bisa membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menonaktifkan animasi yang tidak diperlukan sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Opsi Pengembang

– Matikan Animasi di dalam Skala Animasi, Transisi, dan Animator Durasi

8. Menonaktifkan Sumber Daya yang Tidak Diperlukan

Hp android memiliki banyak sumber daya yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan. Sumber daya yang tidak diperlukan bisa memakan memori RAM dan membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menonaktifkan sumber daya yang tidak diperlukan sangat dianjurkan. Caranya:

πŸ”₯ Trending πŸ”₯  Cara Charger HP Agar Cepat Penuh

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Baterai

– Matikan sumber daya yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi

9. Menggunakan Aplikasi Anti-Virus

Hp android juga rentan terhadap virus dan malware seperti halnya komputer. Virus dan malware tersebut bisa membuat hp android menjadi lemot atau bahkan merusak sistem. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi anti-virus sangat dianjurkan. Beberapa aplikasi anti-virus yang bisa Anda gunakan adalah Avast Mobile Security, Kaspersky Mobile Antivirus, dan Norton Security & Antivirus.

10. Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Belakang

Banyak aplikasi yang berjalan di belakang saat hp android digunakan. Aplikasi tersebut bisa memakan memori RAM dan membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang sangat dianjurkan. Caranya:

– Tekan tombol Recent Apps

– Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan

– Tekan tombol Hapus atau Force Stop

11. Membersihkan Layar Sentuh

Layar sentuh hp android adalah salah satu bagian yang sering digunakan dan mudah kotor. Kotoran dan sidik jari bisa membuat layar menjadi tidak responsif atau bahkan rusak. Oleh karena itu, membersihkan layar sentuh secara berkala sangat dianjurkan. Caranya:

– Matikan hp android

– Gunakan kain lembut atau tisu kering untuk membersihkan layar sentuh

12. Menonaktifkan Efek Visual

Hp android memiliki banyak efek visual yang bisa membuat tampilan menjadi lebih menarik. Namun, efek visual tersebut juga bisa membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menonaktifkan efek visual yang tidak diperlukan sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Opsi Pengembang

– Matikan Efek Skala Animasi, Transisi, dan Animator Durasi

13. Membersihkan Slot Kartu SIM dan MicroSD

Slot kartu SIM dan MicroSD di hp android juga bisa menjadi kotor dan berdebu. Kotoran dan debu tersebut bisa membuat hp android menjadi tidak stabil dan lemot. Oleh karena itu, membersihkan slot kartu SIM dan MicroSD secara berkala sangat dianjurkan. Caranya:

πŸ”₯ Trending πŸ”₯  Cara Hp Oppo Neo 7 Tidak Lemot

– Matikan hp android

– Keluarkan kartu SIM dan MicroSD

– Gunakan kain lembut atau tisu kering untuk membersihkan slot kartu SIM dan MicroSD

14. Menonaktifkan Fitur Bluetooth dan NFC

Fitur Bluetooth dan NFC di hp android bisa memakan banyak daya baterai dan memori RAM. Oleh karena itu, menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Bluetooth atau NFC

– Matikan fitur yang tidak diperlukan

15. Menggunakan Wallpaper yang Sederhana

Hp android bisa menggunakan wallpaper yang sangat kompleks dan rumit. Namun, wallpaper tersebut bisa membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menggunakan wallpaper yang sederhana sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Wallpaper

– Pilih wallpaper yang sederhana dan tidak terlalu rumit

16. Menghapus Widget yang Tidak Diperlukan

Widget di hp android bisa membuat tampilan menjadi lebih menarik, namun juga bisa membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menghapus widget yang tidak diperlukan sangat dianjurkan. Caranya:

– Tekan dan tahan widget yang ingin dihapus

– Tarik widget ke ikon Sampah

17. Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Hp android juga bisa mengalami masalah dengan daya baterai yang cepat habis. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi penghemat baterai sangat dianjurkan. Beberapa aplikasi penghemat baterai yang bisa Anda gunakan adalah Battery Doctor, DU Battery Saver, dan Greenify.

18. Menghapus Riwayat Browser

Riwayat browser di hp android bisa memakan banyak memori dan membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menghapus riwayat browser secara berkala sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka aplikasi Browser

– Pilih tombol Menu

– Pilih Pengaturan

– Pilih Hapus Riwayat atau Hapus Semua Data Browser

19. Menghapus Riwayat Panggilan

Riwayat panggilan di hp android bisa memakan banyak memori dan membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, menghapus riwayat panggilan secara berkala sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka aplikasi Telepon

– Pilih tombol Riwayat Panggilan

– Tekan dan tahan nomor yang ingin dihapus

– Pilih Hapus

20. Menonaktifkan Fitur Lokasi

Fitur lokasi di hp android bisa memakan banyak daya baterai dan memori RAM. Oleh karena itu, menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan sangat dianjurkan. Caranya:

– Buka menu Pengaturan

– Pilih Lokasi

– Matikan fitur yang tidak diperlukan

Kesimpulan

Demikianlah 20 cara membersihkan hp android agar tidak lemot. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, diharapkan hp android Anda bisa berjalan lebih cepat dan lancar. Ingat, membersihkan hp android secara rutin sangat penting untuk menjaga performa dan kinerja hp android Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Related video of Cara Membersihkan HP Android Agar Tidak Lemot