HP Kena Air Samsung: Tips Mengatasi Masalah dan Memperbaikinya
HP Kena Air Samsung: Tips Mengatasi Masalah dan Memperbaikinya

HP Kena Air Samsung: Tips Mengatasi Masalah dan Memperbaikinya

HP Kena Air Samsung: Tips Mengatasi Masalah dan Memperbaikinya

Halo Sahabat Kabarindoo, kali ini kita akan membahas tentang masalah yang sering terjadi pada HP Samsung yaitu kena air. Masalah ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, entah itu karena terjatuh ke dalam air, tersiram air, atau bahkan terkena hujan.

Gejala HP Samsung Kena Air

Saat HP Samsung kamu kena air, ada beberapa gejala yang mungkin terjadi, seperti:

  • HP mati total
  • Layar tidak responsif
  • Baterai cepat habis
  • Sinyal tidak terdeteksi
  • Muncul bercak atau bekas air pada layar

Jika kamu mengalami salah satu atau bahkan beberapa gejala di atas, jangan panik dan coba ikuti tips dan cara mengatasi masalah berikut ini.

Cara Mengatasi HP Samsung Kena Air

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi masalah HP Samsung kena air:

1. Matikan HP Samsung

Jika HP Samsung kamu kena air, segera matikan HP tersebut. Jangan mencoba menyalakan atau mengisi daya baterai karena hal itu bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Setelah itu, lepaskan baterai dan kartu SIM untuk mengurangi risiko korosi pada komponen HP.

2. Keringkan HP Samsung

Setelah melepas baterai dan kartu SIM, keringkan HP Samsung kamu dengan menggunakan kain bersih atau tissue. Hindari menggunakan pengering rambut atau oven karena suhu panas yang tinggi dapat merusak komponen HP. Jangan juga menggoyangkan atau membuka HP karena hal itu bisa memperparah kerusakan pada HP.

🔥 Trending 🔥  Cara Format Komputer HP

3. Letakkan HP Samsung di dalam beras

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan air pada HP Samsung adalah dengan meletakkannya di dalam beras selama 24-48 jam. Beras bisa menyerap kelembaban pada HP Samsung dan mengurangi risiko korosi pada komponen HP. Pastikan HP Samsung kamu benar-benar tertutup oleh beras dan jangan mencoba menyalakan HP sebelum benar-benar kering.

4. Gunakan silica gel

Jika kamu tidak memiliki beras, kamu bisa menggunakan silica gel sebagai pengganti. Silica gel adalah benda kecil berwarna putih yang biasa digunakan sebagai pengering di dalam kotak sepatu atau tas. Letakkan HP Samsung kamu di dalam wadah yang tertutup bersama dengan silica gel selama 24-48 jam. Pastikan silica gel tidak masuk ke dalam HP Samsung karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen HP.

5. Bawa ke service center resmi Samsung

Jika setelah melakukan beberapa cara di atas, HP Samsung kamu masih tidak bisa menyala atau mengalami kerusakan lainnya, sebaiknya bawa ke service center resmi Samsung. Ahli di sana akan membantu kamu untuk memperbaiki HP Samsung kamu dengan benar dan mengurangi risiko kerusakan yang lebih parah.

Kesimpulan

Dalam mengatasi masalah HP Samsung kena air, kita perlu mengambil tindakan yang cepat dan tepat. Setelah HP Samsung kamu kena air, matikan segera dan keringkan dengan benar. Jangan mencoba menyalakan atau mengisi daya baterai karena hal itu bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Jika setelah melakukan beberapa cara di atas HP Samsung kamu masih mengalami masalah, sebaiknya bawa ke service center resmi Samsung.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Related video of HP Kena Air Samsung: Tips Mengatasi Masalah dan Memperbaikinya