Cara Atasi HP Mati Kena Air dengan Mudah
Cara Atasi HP Mati Kena Air dengan Mudah

Cara Atasi HP Mati Kena Air dengan Mudah

Halo Sahabat Kabarindoo! Apakah kamu pernah mengalami HP mati kena air? Jika ya, jangan panik dulu ya! Karena dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi HP mati kena air dengan mudah. Yuk, simak terus artikel ini!

1. Matikan HP Seketika

Jika HP kamu terkena air, segera matikan HP tersebut. Hal ini sangat penting, karena jika kamu terlambat mematikan HP, air bisa merusak komponen dalam HP. Jangan mencoba menyalakan HP kembali sebelum kamu yakin bahwa HP sudah benar-benar kering.

Setelah kamu mematikan HP, buka casing HP dan lepaskan baterainya. Jangan mencoba mengecas HP tersebut, karena bisa membahayakan komponen dalam HP.

2. Keringkan HP dengan Bantuan Kain atau Tisu

Setelah kamu melepas baterai, keringkan HP dengan bantuan kain atau tisu. Pastikan kamu mengeringkan setiap bagian HP, termasuk tombol, speaker, dan lubang-lubang di HP.

Jangan mencoba meniup HP dengan bantuan pengering rambut atau kipas angin, karena hal ini bisa merusak komponen dalam HP. Jangan juga mencoba mengeringkan HP dengan sinar matahari langsung, karena hal ini bisa membuat HP overheat.

3. Keringkan HP dengan Bantuan Nasi atau Silika Gel

Jika kamu memiliki nasi atau silika gel, kamu bisa mengeringkan HP dengan bantuan dua benda tersebut. Caranya, letakkan HP dan nasi atau silika gel di dalam wadah tertutup selama beberapa jam. Nasi atau silika gel akan menyerap kelembaban dalam HP.

🔥 Trending 🔥  Cara Lupa Pola HP Xiaomi: Solusi Mudah Mengatasi Masalah Ini

Jangan mencoba menggunakan oven atau microwave untuk mengeringkan HP, karena hal ini bisa merusak komponen dalam HP.

4. Coba Hidupkan HP Kembali

Setelah HP sudah benar-benar kering, pasang kembali baterai dan casing HP. Coba hidupkan HP kembali. Jika HP masih tidak bisa hidup, kamu bisa membawanya ke toko service HP untuk diperbaiki.

5. Hindari HP Terkena Air Lagi

Agar kamu tidak mengalami HP mati kena air lagi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, hindari menggunakan HP di dekat air, seperti di dekat kolam renang atau di kamar mandi. Kedua, beli casing HP yang tahan air. Ketiga, beli perlindungan layar HP yang tahan air.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengatasi HP mati kena air dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu hati-hati dalam menggunakan HP ya, Sahabat Kabarindoo!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Related video of Cara Atasi HP Mati Kena Air dengan Mudah